Ribuan Kambing di Probolinggo Diperiksa, Ini Hasilnya

WONOMERTO – Ribuan kambing dan domba di sebuah peternakan di Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo diperiksa Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo. Selasa (14/8), kesehatan ribuan ternak yang akan dikurbankan itu dipastikan sebelum dikurbankan pada Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah.

Hasilnya, ribuan kambing dan domba itu dipastikan bebas dari penyakit. Pemeriksaan ini dilakukan mulai pukul 09.00. Awalnya, Dinas Peternakan akan memeriksa kesehatan hewan dari dua peternakan. Yakni, di Kecamatan Tongas dan Kecamatan Wonomerto. Namun, ternyata di Kecamatan Tongas, belum ada barangnya. Sehingga, dilanjutkan ke sebuah peternakan di Kecamatan Wonomerto.

Kasi Kesmavet Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Probolinggo Nikolas mengatakan, dari hasil pemeriksaan tidak ada hewan yang terindikasi berpenyakit. Ribuan hewan yang akan dikurbankan itu dalam kondisi sehat. “Kami tidak menemukan tanda-tanda hewan yang berpenyakit,” ujarnya.

Menurutnya, kegiatan ini akan dilakukan rutin selama menjelang Idul Adha 1439 Hijriah. Selain mengecek ke peternak besar, pihaknya juga akan mengecek terhadap hewan kurban milik para pedagang di pinggir-pinggir jalan. Tujuannya, memastikan hewan kurban yang dijual benar-benar sehat dan siap dikurbankan.

“Kalau nanti sudah hari H kami tidak lagi melakukan pengecekan antemortem. Tapi, kami melakukan pengecekan post mortem. Yaitu, pengecekan setelah dilakukan penyembelihan untuk mengetahui jeroan dari hewan kurban itu,” jelasnya.

Nikolas berharap, selama pengecekan tidak sampai ditemukan penyakit hewan yang membahayakan manusia. Seperti antraks. Sebab, penyakit hewan itu dapat membahayakan konsumen dagingnya. “Mudah-mudahan tidak ditemukan,” harapnya. (sid/rud/mie)