Radar Bromo

Bank Sampah di Purutrejo Terbakar, Pemadaman Telan Waktu 3 Jam

PURWOREJO-Bank sampah di Kelurahan Purutrejo, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, Jumat pagi (15/2) dilalap api. Tumpukan sampah di dalam gudang membuat api cepat menjalar.

Insiden itu pertama kali diketahui sekitar pukul 04.30. Mulanya, terdapat kepulan asap yang keluar dalam gedung bangunan yang dipenuhi berbagai jenis sampah itu.

Tak lama kemudian, kobaran api terlihat memancar dari sela-sela bangunan. “Kami mendapat laporan dari rekan kepolisian pukul 04.45. Setelah itu, tiga unit mobil damkar kami kerahkan menuju lokasi untuk melakukan pemadaman,” kata Kalaksa BPBD Kota Pasuruan, Yanuar Afriansyah.

Setibanya di lokasi, kebakaran sudah mulai membesar. Sementara gedung bangunan dalam kondisi terkunci. Hal itu menjadi salah satu kendala selama proses pemadaman.

Petugas dan warga setempat kemudian berinisiasi membongkar gembok kunci. Serta memecahkan kaca jendela di salah satu sudut gudang.

“Karena kondisi darurat. Kami tidak ingin mengambil risiko hingga api menjalar ke bagian lain. Terutama untuk mengamankan bangunan agar tidak ikut terbakar,” ujar Yanuar.

Dia membeberkan, proses pemadaman cukup memakan waktu. Sebab, api terus berkobar lantaran didalam gudang tersebut banyak tumpukan sampah kering yang mudah terbakar. Seperti kertas, kardus hingga bahan plastik.

“Kami juga harus melokalisir api. Selain mengamankan bangunan juga supaya tidak menjalar ke sisi selatan. Dimana banyak tumpukan sampah kering yang hendak dikirim ke pengepul,” aku Yanuar.

Setelah berjibaku dengan api selama lebih dari dua jam, api berhasil ditaklukkan. Petugas kemudian melakukan pembasahan di seluruh permukaan bekas kebakaran itu. Upaya itu dilakukan untuk memastikan bara api tak tersisa. “Dengan pembasahan itu agar potensi percikan atau kobaran api minim,” jelas dia. (tom/mie)