Damkar Evakuasi Sarang Tawon di Rumah Warga Kalibuntu

KRAKSAAN, Radar Bromo – Sebuah sarang tawon di rumah Misto, 43, warga Dusun Karang Pandan, Desa Kalibuntu, dievakuasi oleh Tim Pemadam Kebakaran Kabupaten Probolinggo, Selasa (14/1) siang. Sarang tawon yang berisi ratusan tawon ini membuat resah pemilik rumah lantaran dikhawatirkan dapat menyengat penghuni rumah.

Humas Pemadam Kebakaran Kabupaten Probolinggo Sholehudin mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan laporan dan permohonan bantuan untuk mengevakuasi sarang tawon dari warga sekitar pukul 11.24. “Kami menerima laporan dari warga, kemudian menindaklanjuti dengan mendatangi lokasi yang dilaporkan,” ujarnya.

Sesampainya di lokasi, petugas menuju sarang tawon berada kemudian bergegas melakukan evakuasi sarang yang berada di bawah genting dapur belakang rumah. Petugas mencongkel dinding kayu. lokasi sarang tawon itu berada.

“Posisi sarang tepat berada di bawah genting. Jadi, kami melakukan pencongkelan dinding yang terbuat dari kayu untuk mengeluarkannnya,” tuturnya.

Sarang tawon ini diketahui oleh pemilik saat akan memperbaiki genting yang bocor akibat hujan yang terjadi seminggu belakangan. Saat hendak memperbaiki, terlihat ratusan tawon terbang. Sehingga membuat pemilik rumah dan tukang yang akan memperbaiki takut terkena sengatan tawon. Sarang tersebut diduga sudah lama berada di sana, namun baru diketahui saat ini.

“Sarang itu diketahui saat akan memperbaiki genting bocor karena jumlahnya sampai ratusan, pemilik dan tukang yang hendak memperbaiki takut. Alhasil, mereka menghubungi pemadam kebakaran untuk melakukan evakuasi.”

Tak hanya itu, evakuasi dilakukan oleh pemadam kebakaran karena mendapatkan informasi jika rumah tersebut terdapat dua anak kecil. Adanya tawon dikhawatirkan sewaktu-waktu menyengat anak kecil yang sedang bermain.

“Di rumah itu ada dua anak yang berusia tiga tahun dan seorang lagi usianya tidak sampai satu tahun. Sehingga pemilik rumah juga khawatir tersengat ketika bermain,” pungkasnya. (ar/fun)