Kunjungan Wisatawan di Kab Probolinggo Mulai Januari-November Tembus 700 Ribu

TRADISI: Wisatawan menikmati kawah Bromo saat perayaan kasada beberapa waktu lalu. Bromo masih menjadi primadona wisata di Kabupaten Probolinggo. (Foto: M Rosyidi/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KRAKSAAN, Radar Bromo – Wisata di Kabupaten Probolinggo masih memiliki daya tarik yang tinggi. Betapa tidak, sejak Januari-November sepanjang 2019, jumlah angka wisatawan yang datang ke Kabupaten Probolinggo sudah mencapai 700 ribu lebih.

Sejauh ini Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo mengklaim, jumlah kunjungan wisata ke daerah mencapai 741.168. Mayoritas masih wisatawan domestik atau nusantara (wisnu) ketimbang wisatawan mancanegara (wisman).

Adapun jumlah 741.168, terbagi dalam per triwulan. Rinciannya, triwulan pertama jumlahnya sekitar 210.916 wisatawan; triwulan kedua berjumlah 190.105; dan triwulan ketiga jumlahnya 212.193; serta bulan Oktober dan November mencapai 127.954.

Kasi Destinasi Wisata Disporaparbud Kabupaten Probolinggo Musa mengatakan, jumlah tersebut akan terus bertambah. Pasalnya, untuk yang bulan Desember masih belum terhitung. Pihaknya optimistis, saat Desember nanti jumlah wisatawan akan mencapai 1 juta pengunjung. “Kami yakin nanti akan bertambah,” ungkapnya.

Menurutnya, pada bulan ini merupakan puncak akhir liburan. Yaitu, pada Natal dan tahun baru. Pada musim libur, kata Musa, banyak wisatawan yang akan menghabiskan liburannya di sejumlah tempat wisata di Kabupaten Probolinggo.

“Biasanya yang paling banyak itu Bromo. Apalagi itu kan sudah mendunia ya. Jadi, selalu ramai,” jelasnya.

Keyakinannya itu tidak sampai di situ. Menurutnya, banyak destinasi lain yang telah dibangun oleh pemerintah daerah. Karena itu, itu akan membuat wisatawan betah di daerahnya. “Seiring pembangunan destinasi wisata kami yakin tambah banyak. Begitupun promosi yang kami lakukan juga banyak. Jadi, kami yakin,” ungkapnya. (sid/fun)