Bakal Rutin Tertibkan Warnet Bandel, Terutama yang Buka Lebihi Jam

GADINGREJO, Radar Bromo – Masih adanya warung internet (warnet) di Kota Pasuruan yang kerap beroperasi melebihi batas jam yang diharuskan, mendapat atensi dari Pemkot. Pemkot berencana bakal rutin menertibkan warnet yang bandel ini.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Pasuruan Sugeng Winarto mengungkapkan, jumlah warnet yang beroperasi di Kota Pasuruan tercatat sebanyak 23 buah. Ini, berdasarkan catatan pada akhir 2018 lalu.

Pihaknya pun mengakui jika masih ada warnet yang belum mematuhi aturan jam operasional. Dimana warnet harus beroperasi maksimal dari pukul 07.00 sampai pukul 22.00. Pihaknya sendiri kerap melakukan sosialisasi pada pemilik warnet tersebut. Namun, terkadang pihaknya terkendala pemilik warnet tidak datang atau diwakilkan oleh orang lain.

“Aturannya itu paling malam pukul 22.00. Di luar itu tidak dibolehkan. Ini berdasarkan perda Nomor 22 Tahun 2015 tengah Operasional Warnet,” ungkapnya.

Sugeng mengaku, ke depannya pihaknya akan lebih masif melakukan penertiban pada pemilik warnet. Seperti menggandeng Satpol PP, bagi warnet yang tetap terbukti membandel. “Penertiban akan terus dilakukan. Tentunya menggandeng penegak perda yang berwenang menindak,” pungkasnya. (riz/fun)