Siapkan Rp 10,6 Miliar Tahun Depan untuk Rehab 100 Unit Kantor Desa

BANGIL – Jumlah kantor desa yang akan dibenahi tahun depan akan bertambah. Hal ini seiring dengan alokasi anggaran yang menanjak dibandingkan sebelumnya.

Kepala Bidang Keuangan dan Kekayaan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan, Andar Sulistyorini menjelaskan, Pemkab menyiapkan dana besar untuk merehab kantor desa tahun depan. Bahkan bila dibandingkan tahun 2018, anggaran yang disiapkan lebih tinggi.

Ia merincikan, besaran anggaran rehab kantor desa tahun 2018, mencapai Rp 5,6 miliar. Jumlah itu, dipergunakan untuk membenahi sebanyak 70 unit kantor desa.

Sementara tahun ini, anggaran yang disiapkan Pemkab mencapai Rp 10,6 miliar. Dana itu, bisa digunakan untuk membenahi lebih dari 100 unit kantor desa. “Banyak kantor desa yang bisa direhab tahun depan,” kata Andar.

Ia menambahkan, besaran dana tersebut tak lain untuk mempercepat penanganan kantor desa di wilayah Kabupaten Pasuruan. Maklum, ungkap Andar, masih banyak kantor desa yang kurang representatif.

Padahal, kantor desa merupakan sarana pelayanan pertama bagi warga di desa. “Sayangnya, banyak yang kondisinya belum representatif. Makanya, agar lebih nyaman, pembenahan ini akan dilakukan,” sambung dia.

Support tersebut diberikan Pemkab, lantaran anggaran dari DD dan ADD belum memungkinkan untuk pembangunan kantor desa. Untuk ADD, cukup untuk pembelian ATK maupun penghasilan tetap aparatur desa. Sementara untuk DD, tidak diperkenankan dalam membenahi kantor desa. (one/fun)