Ngantuk, Staf Diplomat Australia Picu Laka Beruntun di Mangkrengan

GRATI-Kecelakaan (laka) beruntun terjadi di jalur pantura, Raya Mangkrengan, Desa Sumberagung, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Jumat pagi (14/12). Dua mobil dan dua motor yang terlibat dalam insiden itu rusak parah. Sedangkan tujuh orang mengalami luka.

Informasi yang dihimpun radarbromo.co.id, kendaraan yang terlibat kecelakaan yakni, mobil Toyota Hiace nopol B 8201718; Toyota Agya nopol W 1885 RW; motor Honda CBR nopol W 5072 TL; dan motor Honda Supra nopol AG 3268 VL.

Kecelakaan itu bermula saat mobil Hiace yang dikemudikan oleh Simon Michael, 49, melaju dari arah timur ke barat atau di jalur Probolinggo-Pasuruan. Setibanya di Jalan Raya Mangkrengan, staf diplomat asal Australia yang beralamat di Jakarta Selatan itu hilang kendali.

Laju mobil yang dikemudikannya mengarah ke kanan hingga melintasi markah jalan. Kontan saja, tabrakan terjadi lantaran sebuah mobil Agya yang dikemudikan Suwandi, 48, warga Waru, Sidoarjo, melaju dari arah berlawanan. Insiden itu berlangsung sekitar pukul 10.00.

Saking kerasnya benturan yang terjadi, membuat mobil Agya terpental. Mobil warna putih itu akhirnya terdorong ke belakang hingga mengenai dua pemotor yang melaju tepat dibelakang mobil Agya. Mereka yakni Ahmad Diki, 18, yang berboncengan motor Honda CBR dengan Trinovita, 30. Hal yang sama juga dialami pemotor Honda Supra yakni Wasiatul, warga Baron, Nganjuk.

Akibatnya, dua motor yang terlibat kecelakaan mengalami kerusakan cukup parah. Sedangkan kondisi dua mobil ringsek pada bagian depan. Arus lalu lintas di dua jalur pun mengular. Kemacetan sempat terjadi sepanjang tiga kilometer.

Tak lama berselang, polisi tiba di lokasi dan mengevakuasi korban. Sedikitnya, ada lima orang yang mengalami luka ringan akibat insiden itu.

Mereka yakni Simon Michael pengemudi Hiace, Suwandi pengemudi Agya, Sumini penumpang Agya. Lalu, Trinovita penumpang motor Honda CBR, dan Wasiatul pemotor Honda Supra. Sedangkan Eka Yeni penumpang Agya mengalami luka berat. Ia mengalami patah tulang pada kaki kanannya. Seluruh korban kemudian dilarikan ke RSUD Grati untuk diberikan pertolongan medis.

Selain itu, polisi juga menepikan seluruh kendaraan yang terlibat kecelakaan agar tak memperparah kemacetan. Saat ini, polisi masih menangani kasus kecelakaan tersebut. “Semua kendaraan yang terlibat laka sudah kami amankan sebagai barang bukti,” kata Kanit Laka Satlantas Polres Pasuruan Kota, Iptu Ahmad Jayadi.

Kuat diduga, kecelakaan itu disebabkan pengemudi Hiace yang mengantuk. Sebab, Simon menempuh perjalanan seorang diri dari Pulau Dewata, Bali. “Minibus yang dikemudikan Simon Michael, melaju kencang. Diduga mengantuk lalu tak bisa mengendalikan laju kendaraan hingga menabrak kendaraan dari arah berlawanan,” terang Jayadi. (tom/mie)