alexametrics
30.2 C
Probolinggo
Thursday, 3 December 2020

Jelang Pemilu, Dewan Malah Absen Bikin Perda Inisiatif Tahun Ini

PANGGUNGREJO – Menjelang periode terakhirnya, kinerja legislatif di DPRD Kota Pasuruan patut dipertanyakan. Betapa tidak, DPRD Kota Pasuruan tidak mengajukan rancana peraturan daerah (perda) inisiatif sama sekali.

Dewan beralasan, tak ada satupun raperda inisiatif, bukan perkara masa jabatan yang akan habis. Begitu pula dengan kesibukan pemilu di 2019 mendatang. Dewan menyebut memprioritaskan pembuatan naskah akademik rancangan perda (raperda) inisiatif tahun ini. Baru raperda ini bakal diajukan tahun 2019 mendatang.

Ketua Badan Pembentukan Perda (Banperda) DPRD Kota Pasuruan, Ismu Hardiyanto membenarkan jika Dewan tidak mengajukan perda inisiatif sepanjang tahun 2018. Pasalnya, pihaknya sedang berkonsentrasi dalam pembuatan dua raperda inisiatif tahun ini.

Dua raperda ini adalah raperda tentang kepemudaan dan raperda tentang pencegahan narkoba. Pihaknya pun sudah melakukan tahapan naskah akademik bersama salah satu akademisi sebuah universitasi negeri di Kota Malang.

“Memang benar tahun ini kami tidak mengajukan perda inisiatif. Namun hal itu bukan masalah. Kami baru saja merampungkan naskah akademik dua raperda. Insya Allah, kami bakal masukkan ke dalam program legislasi daerah (prolegda) tahun depan,” jelasnya.

Ismu menjelaskan raperda tentang kepemudaan ini sehubungan dengan potensi pemuda dan dunia usaha. Dewan melihat saat ini semakin banyak pemuda yang magang dan terjun langsung dalam dunia usaha. Sehingga, diperlukan konsep untuk mengaturnya.

Sementara, raperda tentang pencegahan narkoba diperlukan karena pihaknya melihat penanganan narkoba selama ini lebih cenderung pada akibat dan dampaknya. Sehingga, langkah konkret sebagai antisipasi bahaya narkoba belum banyak dilakukan.

“Nah, perda ini nantinya bakal membahas upaya pencegahan yang bisa dilakukan sejak dini. Sehingga, ada penanganan sebelum narkoba itu menyentuh pada masyarakat. Mudah-mudahan bisa direalisasikan tahun depan,”pungkas ketua Fraksi PKS ini. (riz/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Puskesmas Sumber Imunisasi Siswa saat Pandemi

Sejak November, Puskesmas Sumber mulai melaksanakan bulan imunisasi anak sekolah (Bias) di wilayah kerjanya.

Dua Dara Atlet Anggar Kota Probolinggo Incar Perunggu PON Pelajar

Dua atlet anggar Kota Probolinggo, sedang mempersiapkan diri untuk mengikuti PON Pelajar 2021.

Stok Blangko E-KTP di Kab Pasuruan Dapat Tambahan 20 Ribu

Kabar gembira bagi warga Kabupaten Pasuruan yang hendak mengurus KTP elektronik (e-KTP).

Ketua Dewan Siap Jadi Orang Pertama Uji Coba Vaksin

Andi Suryanto Wibowo, Ketua DPRD Kabupaten Probolinggo mengaku siap menjadi orang pertama di Probolinggo yang divaksin Covid-19.

Sampai November Tangkapan Ikan di Kab Pasuruan Capai 12.716 Ton

Sempat lesu di semester pertama, tangkapan ikan nelayan di Kabupaten Pasuruan kembali bergairah di triwulan ketiga.