alexametrics
25.7 C
Probolinggo
Friday, 27 November 2020

Pilkades Wonosunyo Baru Satu Calon, Akhirnya Pendaftaran Diperpanjang

GEMPOL, Radar Bromo – Pendaftaran bakal calon (balon) kepala desa (kades) untuk Pilkades serentak di Kabupaten Pasuruan, telah berakhir. Namun, baru ada satu balon kades yang mendaftar di Desa Wonosunyo, Kecamatan Gempol.

Karena kondisi itu, panitia Pilkades Wonosunyo pun memperpanjang pendaftaran. Sebab, berdasarkan aturan yang ada, balon kades seharusnya minimal ada dua orang.

Ridho Nugroho, kabid Bina Pemerintahan Desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Pasuruan menjelaskan, tahapan pendaftaran ditutup Kamis (12/9) sore. Sampai Kamis, pendaftar di Wonosunyo baru satu orang.

“Pendaftaran bakal calon kepala desa untuk Pilkades serentak tahun ini sudah ditutup. Hasil evaluasi dan rekap hanya di Desa Wonosunyo yang calonnya satu orang. Ketentuannya minimal harus dua,” kata Ridho, sapaan akrabnya.

Karena itu, khusus pendaftaran Pilkades Wonosunyo akan diperpanjang. Perpanjangan menurut Ridho, bisa dilakukan selama 20 hari.

Namun, secara teknis di lapangan, ada beberapa proses yang harus dilakukan. Malam ini (tadi malam, Red.), panitia Pilkades Wonosunyo menyampaikan hasil akhir pendaftaran.

Selanjutnya, akan digelar musyawarah untuk menentukan keputusan selanjutnya. Keputusan yang dimaksud yaitu berkaitan dengan perpanjangan pendaftaran. Termasuk, kapan perpanjangan pendaftaran dimulai.

“Aturannya, perpanjangan dilakukan 20 hari. Namun, secara teknis memang harus dibicarakan di tingkat panitia. Nanti perpanjangan bisa 20 hari, bisa juga kurang dari 20 hari,” tuturnya.

Dengan perpanjangan pendaftaran itu, diharapkan ada tambahan pendaftar atau balon kepala desa. “Perpanjangan pendaftaran harus dilakukan dengan harapan ada tambahan pendaftar. Minimal ada dua orang. Meskipun pendaftarannya diperpanjang, pelaksanaan pilkades-nya nanti tetap serentak,” jelasnya.

Adapun satu balon kades yang sudah mendaftar di Pilkades Wonosunyo adalah Saleh. Saat ini posisinya adalah incumbent.

“Meskipun sudah daftar dan berkasnya diterima panitia, punya kades incumbent ada beberapa poin belum lengkap dan harus dilengkapi secepatnya,” ujarnya.

Dihubungi secara terpisah, Saleh membenarkan ada beberapa berkas persyaratan miliknya yang belum lengkap. Karena itu, harus dipenuhi secepatnya.

“Memang ada berkas yang kurang lengkap, tapi tidak banyak dan secepatnya kami lengkapi. Selanjutnya, jika sudah selesai, kami serahkan ke panitia pilkades,” tuturnya.

Sebagai informasi, saat ini ada 243 desa di Kabupaten Pasuruan yang menggelar Pilkades serentak. Pilkades serentak ini akan digelar 23 November. Dari 243 desa yang ada, hanya Desa Wonosunyo yang pendaftarnya baru satu orang. (zal/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Jon Junaedi Wakil Ketua DPRD Mangkir Lagi di Sidang Ijazah Palsu

Jaksa menyebutkan, Kalau 3 kali dipanggil tidak dating, ketentuannya nanti dapat dilakukan penjemputan paksa dengan adanya penetapan hakim untuk jemput paksa

Usai Dilantik, Ribuan KPPS yang Bertugas di Pilwali Dirapid Test

Ini salah satu upaya KPU dalam memastikan seluruh putugas penyelanggara, seperti KPPS hingga linmas benar-benar sehat dan tidak terjangkit Covid-19

Petugas KPPS Harus Jaga Integritas selama Pilwali

Selanjutnya, KPU akan memberikan pembekalan bagi KPPS sebelum bertugas.

Pembobol Alfamart Suwayuwo Dibekuk, Pelaku Residivis, Ini Tampangya

Pelaku pembobolan toko modern yang berada di sebelah timur jalan nasional ini ada tiga orang.