alexametrics
25C
Probolinggo
Saturday, 16 January 2021

Hiu Tutul Masuki Perairan Paiton, Dihalau agar Tak Masuk Kanal PLTU

PAITON, Radar Bromo – Keberadaan hiu tutul (Rhincodon typus) yang sering terlihat di perairan Probolinggo dan Pasuruan, memang bisa menjadi objek wisata. Tapi, di sisi lain hiu ini bisa terancam apabila masuk ke perairan Paiton, seperti di kawasan PLTU.

Seperti yang terjadi Kamis (12/9). Hiu tutul ini terlihat di kanal air PLTU Paiton. Karena itu, Jumat (13/9) pihak PLTU dan juga Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut Kementerian Kelautan dan Perikanan (BPSPL KKP) melakukan pencarian keberadaan ikan tersebut. Tujuannya, untuk melakukan evakuasi dan mengembalikan ikan tersebut ke lautan lepas.

Sukirman, humas PLTU Paiton mengatakan, pihaknya dan BPSPL KKP telah melakukan koordinasi. Tujuannya, untuk melakukan evakuasi terhadap hiu tutul itu. Sehingga, hiu tersebut bisa dikembalikan ke perairan lepas.

Menurutnya, evakuasi dilakukan terlebih dulu dengan pencarian. Karena setelah terlihat pada hari Jumat itu, hiu tutul tersebut kembali tidak terlihat. Karena itu, pihaknya bersama BPSPL KKP melaku pencarian mulai pagi. “Sampai sore ini (14.30) kami masih melakukan pencarian terhadap ikan itu,” tuturnya.

Menurutnya, ia belum mengetahui pasti berapa jumlah ikan hiu yang ada di kanal itu. Karena sebelumnya juga terlihat penampakan hewan serupa. Setelah dilakukan pencarian, hewan itu menghilang. Baru ditemukan kembali pada Kamis.

“Berapa jumlahnya dan berapa lama hiu tutul di kanal, belum diketahui jelas. Soalnya beberapa waktu lalu juga ada penampakannya dan belum diketahui keberadaannya. Semoga segera ketemukan,” kata Sukirman.

Sebelumnya, akhir Agustus 2019 lalu seekor hiu tutul juga sempat masuk ke kanal air PLTU Paiton. Tepatnya pada 28 Agustus 2019. Saat itu petugas keamanan menemukan seekor hiu tutul berukuran 4,5 meter. Berenang di jarak 450 meter dari pintu air. Petugas pun menerjunkan speed boat untuk menghalau fauna laut itu ke arah laut lepas.

Upaya itu berhasil. Tidak tampak lagi ada hiu tutul di kanal tersebut. Namun, Kamis siang, hiu tutul kembali menampakkan diri di permukaan kanal. Bahkan, salah satu petugas sempat mengabadikannya dalam rekaman video. Dalam video berdurasi 30 detik itu, hiu tampak berenang di permukaan kanal PLTU. (sid/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU