alexametrics
29.7 C
Probolinggo
Tuesday, 27 October 2020

Hiu Tutul Juga Muncul di Pelabuhan Probolinggo

PROBOLINGGO, Radar Bromo – Hiu tutul tak hanya terlihat di perairan Paiton. Sejak beberapa hari yang lalu, kembali muncul di Perairan Probolinggo, termasuk Pelabuhan Tanjung Tembaga. Meski hanya beberapa hiu yang tampak di sekitar perairan Probolinggo, para nelayan diharap tak mengganggu aktivitas hiu tutul tersebut.

Kemunculan hiu tutul di perairan Probolinggo terekam kamera milik mekanik salah satu kapal, pada Rabu (11/9) pagi. Dari rekaman tersebut, hiu tutul yang berukuran lumayan besar ini sedang berenang di sekitar pelabuhan baru, tetapnya di sekitar tiang pancang dermaga.

Diketahui pada bulan-bulan tertentu, hiu tutul ini kerap berada di perairan dengan jangka waktu yang lumayan lama. Hiu tutul ini berada di perairan Probolinggo tidak lain untuk mencari plankton yang sedang melimpah.

Seperti yang diungkapkan Bagus Awan, petugas kapal tanker yang berada di Pelabuhan Baru Probolinggo. Rabu pagi ia melihat ada lima ekor hiu yang sedang asyik berenang sembari memakan plankton. “Mulai Senin hingga Rabu lalu saya melihat hiu itu berputar-putar di sekitar dermaga. Bahkan, saya ambil dan abadikan videonya,” bebernya.

Untuk memantau keberadaan hiu tutul ini serta menghindari kontak dan gangguan para nelayan yang sedang mencari ikan, Jumat (13/9) pagi sejumlah petugas dari Polairud Polres Probolinggo melakukan pemantauan. Pemantauan ini dilakukan di sepanjang pantai dengan radius 100 meter dari bibir pantai. Pemantauan ini dilakukan mulai dari Pelabuhan Tanjung Tembaga hingga mendekati pantai Tongas.

Sayangnya, hampir sejam dilakukan pemantauan, tidak ada satu pun hiu tutul muncul ke permukaan. Dugaannya hiu tutul yang ditemui serta diabadikan videonya itu berpindah ke lokasi lainnya. Meski begitu, Polairud Polres Probolinggo tetap memantau keberadaan ikan pemakan plankton ini. Sebagai upaya ikut menjaga dan melestarikan ikan yang suka bermigrasi ini.

Kasat Polairud AKP Slamet Prayitno saat dikonfirmasi mengimbau, jika nelayan menjumpai hiu tutul, supaya tidak menangkap dan melukai. “Termasuk jangan terlalu dekat, khawatir membahayakan diri nelayan tersebut,” pungkasnya. (rpd/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Listrik Kerap Padam, 95 Persen Disebabkan Pohon

Kejadian listrik padam atau mati lampu kerap terjadi saat musim hujan.

Maulid Nabi, Buah Impor di Probolinggo Lebih Banyak Diburu

Memasuki Maulid Nabi Muhammad SAW., permintaan buah segar, khususnya buah impor di Kota Probolinggo, meningkat.

15 Desa di Kab Probolinggo Masih Buruh Kiriman Air

Sebagian wilayah di Kabupaten Probolinggo, telah diguyur hujan. Namun, hal ini tidak mempengaruhi ketersediaan sumber air bersih untuk kebutuhan sehari-hari di wilayah terdampak kekeringan.

Pantai Permata Mulai Ramai, Pengunjung Wajib Patuhi Prokes

Libur panjang karena cuti bersama dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW., diperkirakan akan meningkatkan jumlah pengunjung sejumlah destinasi wisata.

SDM Pelaku Wisata di Probolinggo Perlu Ditingkatkan

Potensi wisata di Kabupaten Probolinggo, cukup banyak. Namun, pengelolaannya perlu terus ditingkatkan. Baik secara fisik maupun dari segi SDM pengelola.