alexametrics
26.8 C
Probolinggo
Sunday, 29 November 2020

Di Kab Probolinggo Pembelajaran Juga Pakai Luring, Sistemnya Begini

PROBOLINGGO, Radar Bromo – Tahun ajaran baru memang acapkali digunakan untuk MPLS. Untuk siswa baru pun dilakukan penyesuaian secara daring atau luring.

Plt Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kabupaten Probolinggo Fathur Rozi. Saat ditemui di kantornya Senin (13/7) menuturkan, MPLS menjadi tradisi setiap tahun ajaran baru, ditiadakan. Sebab status Kabupaten Probolinggo belum masuk zona hijau.

“Ada siaran pers Nomor 137/Sipres/A6/VI/2020 menjelaskan tentang panduan penyelenggaraan pembelajaran tahun ajaran baru. Untuk daerah yang belum masuk zona hijau, dilarang melakukan pembelajaran tatap muka,” ujarnya.

Dengan dasar tersebut kemudian pelaksanaan pembelajaran dan MPLS pada masa pandemi, dilakukan di rumah. Pelaksanaannya dilakukan dengan dua cara yakni daring (dalam jaringan) dan luring (luar jaringan).

Untuk daring, MPLS dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi melaui jaringan internet atau online. Di mana kegiatan secara daring dapat dilakukan oleh sekolah, guru dan peserta didik yang memilki akses internet yang baik.

Daring inipula yang menjadi cikal bakal pembelajaran online dilakukan melalui live streaming dengan memanfaatkan aplikasi yang dapat diunduh secara gratis. Kemudian video pembelajaran dibuat oleh guru sesuai dengan tema atau mata pelajaran yang di-upload melalui media sosial sekolah. Serta pembahasan dan penugasan disampaikan melalui grup media sosial wali kelas atau guru kelas.

“Jalur pantura akses internet cukup lancar. Jadi, penerapan daring dapat dilakukan dengan baik. Untuk MPLS pun dilakukan dengan menyaksikan video yang telah dibuat oleh sekolah, bisa dilakukan dengan mengunduh di media sosial atau di-share di grup yang sebelumnya sudah dibuat,” pungkasnya.

Sedangkan untuk wilayah yang terkendala akses jaringan internet, MPLS dan kegiatan belajar mengajar nantinya dilakukan secara luring. Yakni guru membuat video pembelajaran, yang kemudian disimpan dalam compact disk (CD) atau flashdisk, lalu dibagikan secara manual. Tak hanya itu modul pembelajaran yang berisi pembahasan dan penugasan diberikan kepada peserta didik pada setiap minggunya, melalui kunjungan komunitas tempat tinggal.

“Daerah pegunungan atau pelosok desa yang susah jaringan internet, dilakukan dengan kunjungan ke komunitas. Hal ini dibuat untuk memudahkan guru menyampaikan video pengenalan sekolah untuk siswa baru dan modul pembelajaran,” katanya.

Fathur mengatakan, kegiatan belajar mengajar seperti ini akan dilakukan selama status Kabupaten Probolinggo belum masuk zona hijau. Selain itu kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga dan masyarakat masih menjadi prioritas penerapan kebijakan ini.

“Kami tidak ingin mengambil risiko. Kebijakan ini akan terus dilaksanakan sampai Kabupaten Prolinggo sudah aman. Koordinasi intens dilakukan dengan satgas Covid-19 untuk mengetahui kondisi terkini wilayah,” tutur Fathur. (tom/ar/put/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Kembang Kempis Kerajinan Perak di Gajahbendo, Kecamatan Beji

Kerajinan perak sempat menjadi primadona di Desa Gajahbendo, Kecamatan Beji, Kabupaten Pasuruan. Bahkan, puluhan warga setempat menggantungkan hidupnya dari industri perak. Namun, kondisinya saat ini berubah.

Bawaslu Limpahkan Laporan Skor Debat ke Polres

Bawaslu Kota Pasuruan, menyatakan laporan dugaan pelanggaran pilkada terkait adanya skor debat kedua Pilwali Pasuruan 2020, memenuhi syarat formil dan materil.

Curanmor Marak, Polresta Probolinggo Evaluasi Pelayanan

Dalam bulan ini, tercatat telah terjadi lima kali curanmor dan pelakunya belum tertangkap.

Pakai Huruf Pegon, Kiai Nawawi Tulis Maklumat Dukung Gus Ipul

Pengasuh Pondok Pesantren Sidogiri K.H. Nawawi Abdul Djalil mengeluarkan maklumat terkait Pilwali Pasuruan 2020.

Pendaftar Anugerah Kampung Hebat Membeludak

Antusiasme Rukun Tetangga (RT) di Kota Pasuruan, mengikuti Anugerah Kampung Hebat Tahun 2020, sangat terasa.