Pohon Timpa Bangunan Bengkel di Kejapanan, Pemiliknya Sudah Lama Laporan Tapi Tak Kunjung Ditebang

GEMPOL, Radar Bromo– Sebuah pohon mahoni tumbang terjadi di Desa Kejapanan, Kecamatan Gempol dan menimpa kantor bengkel konstruksi. Insiden Kamis (13/2) sekitar pukul 15.00 itu,  terjadi usai hujan deras memang melanda kawasan Gempol.

Pohon mahoni berukuran besar serta tinggi yang berada di bahu tepi jalan jurusan Malang–Surabaya, tumbang. Nah, saat tumbang pohon mengarah ke barat dan menimpa kantor bengkel kontruksi yang berada di dekat TKP.Akibat kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa. Namun bagian atap kantor bengkel kontruksinya mengalami kerusakan.

“Saat kejadian berlangsung, juga bersamaan turun hujan dan angin. Pohon mahoninya kemudian tumbang dan timpa kantor kami, hingga mengalami kerusakan,” ucap staf bengkel kontruksi tersebut, I Gede Doni.

Dua pekan sebelumnya, pohon tersebut kata Doni, posisinya didapati sudah miring. Kemudian pada bagian batang bawah serta akarnya tampak keropos.

Pihaknya berusaha akan berinisiatif mau memotongnya namun urung. Dia takut disalahkan menginggat berada di tepi jalan nasional. Sehingga dia hanya memilih menyurati instansi terkait supaya dilakukan pemotongan pohon mahoni secepatnya.

“Surat pengajuan sudah kami layangkan, namun belum di potong. Tapi ternyata sudah tumbang duluan. Tentunya kami merasa dirugikan, karena tak kunjung di tindak lanjuti di lapangan. Kami berharap minimal dibantu perbaikannya,” tegasnya.

Keesokan harinya, proses evakuasi pemotongan pohon dilapangan dilakukan BPBD Kabupaten Pasuruan. Evakuasi dilakukan dari pagi dan selesai di siang hari.

“Pemotongan pohon tepi jalan nasional, bukan kewenangan dari kami. Tapi ada instansi lain diatas kita, yakni Dinas Bina Marga Provinsi ataupun BBPJN,” jelas kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Pasuruan, Hanung Widya Sasangka.

Koran ini juga berusaha menghubungi kaur tata usaha BBPJN VIII Surabaya Daniel Richard via telepon. Namun tidak ada tanggapan balik dari yang bersangkutan terkait kejadian ini. (zal/fun)