Anggaran Pemeliharaan Jalan di Kabupaten Probolinggo Tahun Ini Turun Rp 1 Miliar

DIBENAHI: Jembatan jalan ambrol di Desa Kaliacar menjadi salah satu titik yang akan dibenahi dan masuk pada pemeliharaan rutin jalan dari Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo. (Foto: Agus Faiz Musleh/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KRAKSAAN, Radar Bromo – Anggaran pemeliharan dan perawatan jalan di Kabupaten Probolinggo, tahun 2020 turun. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kabupaten setempat, tahun ini hanya menggelontorkan dana Rp 1,5 miliar. Atau turun Rp 1 miliar dari tahun lalu.

UPT Pengelolaan Jalan dan Sumber Daya Air (SDA) di Dinas PUPR Kabupaten Probolinggo Uria Lutvi Diarini mengatakan, turunnya anggaran disebabkan karena di wilayah barat sedang dilakukan Proyek Proyek Perawatan Perbaikan Jalan Provinsi atau Provincial Road Improvement Maintenance (PRIM) Jalan Tongas-Bromo Kabupaten Probolinggo.

“Saat ini, khusus wilayah barat ada kegiatan PRIM yang bekerja sama dengan pihak Australia. Sehingga, anggaran untuk pemeliharaan rutin menurun. Sebab, ada beberapa ruas jalan di daerah barat yang tidak bisa kami jangkau untuk dilakukan pemeliharaan,” ujarnya saat dikonfirmasi Rabu (12/2) lalu.

Menurut Ria-sapaan akrabnya- pemeliharaan rutin sifatnya darurat dan tiba-tiba dengan kategori kerusakan yang tidak terlalu berat. Selain itu pengerjaan pemeliharaan dilakukan seperti tambal sulam menggunakan Cold Paving Hot Mix Asbuton (CPHMA) atau bahan campuran asbuton yang terdiri dari agregat, asbuton butir dan bahan lainnya.

Ria mengatakan, pemeliharaan rutin itu tidak direncanakan dari awal seperti proyek lain. Sehingga kondisinya masih bisa berubah. “Apabila ada kerusakan parah maka akan masuk pada pemeliharaan rehabilitasi atau pemeliharaan berkala dan itu sudah ranah Bina Marga,” ujarnya.

Saat ini sudah ada beberapa tempat uang telah dilakukan pemeliharaan jalan. Salah satunya seperti ruas Jalan Karangren-Wangkal, ruas jalan Wangkal-Condong, ruas Jalan Condong-Manggisan, ruas jalan Masuk Desa Sindetlami, Kecamatan Besuk, Desa Talkandang, Kecamatan Besuk.

Selain itu, tahun ini pihaknya sudah ada tempat yang selesai dilakukan pemeliharaan seperti jalan masuk Desa Kamal Kuning Kecamatan Krejengan. Rencananya, jalan akan dibenahi dengan menggunakan Cold Paving Hot Mix Asbuton (CPHMA).

Ria menambahkan, kreteria yang akan menjadi prioritas pengerjaan pemeliharaan rutin di antaranya, tingkat lalu lintasnya tinggi, daerah wisata, jalan yang berdekatan dengan jalan provinsi, banyak pusat ekonomi, dan jalan digunakan sebagai jalur pendidikan.

“Nanti disesuaikan dengan dana pemeliharaan rehabilitasi atau pemeliharaan berkala dan kontrak pengadaan barang. Selanjutnya, akan ada peninjauan ulang untuk nantinya akan di titik prioritas yang akan dilakukan pemeliharaan,” ujarnya. (mg1/fun)