Manajemen RSUD Grati Deadline Akreditasi Akhir Juni Agar Bisa Layani Pasien BPJS

SUDAH LENGKAP: Bupati Pasuruan mengecek alat kesehatan di RSUD Grati. Saat ini manajemen rumah sakit ini sedang menyiapkan persyaratan akreditasi, dengan harapan Juni 2019, rumah sakit sudah terakreditasi dan bisa melayani pasien BPJS. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

GRATI – RSUD Grati harus menyelesaikan proses akreditasinya pada akhir Juni nanti. Jika akreditasi selesai, baru RSUD Grati bisa melayani pasien BPJS Kesehatan.

SUDAH OPERASIONAL: Gedung RSUD Grati. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

Debbie Nianta, kepala BPJS Kesehatan Pasuruan menjelaskan, layanan BPJS sudah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 99/2015 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 71/2013 tentang Pelayanan Kesehatan pada Jaminan Kesehatan Nasional. Disebutkan di situ, sertifikat akreditasi merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi setiap rumah sakit untuk melayani program JKN-KIS.

“Berdasarkan aturan itu, maka BPJS baru bisa bekerja sama dengan rumah sakit yang sudah terakreditasi,” terangnya.

Salah satu rumah sakit yang terimbas peraturan ini yaitu RSUD Grati. Karena belum terakreditasi, BPJS tidak bisa bekerja sama dengan RSUD Grati. Dengan kata lain, rumah sakit ini tidak bisa memberikan layanan pada pasien BPJS.

Tidak hanya RSUD Grati. Di seluruh Indonesia, menurut Debbie, banyak rumah sakit yang terbentur aturan ini. Karena itu, Menteri Kesehatan akhirnya memberikan tenggang waktu hingga akhir Juni 2019 pada rumah sakit yang belum terakreditasi untuk menyelesaikan akreditasinya.

“Dari rekomendasi Kemenkes memang diberi tenggat hingga 30 Juni. Setelah itu, kami tunggu apakah akan diberlakukan sesuai aturan atau ada kebijakan baru lagi,” terangnya.

Direktur RSUD Grati dr. Arma Roosalina mengatakan, saat ini pihaknya sedang menyiapkan persyaratan akreditasi. Mulai persiapan dokumen, sarpras, papanisasi, sampai pelatihan SDM.

Harapannya, pada Juni 2019, rumah sakit sudah terakreditasi.

“Untuk rumah sakit baru, biasanya proses akreditasinya dua tahun. Namun, ini kami kebut agar tetap bisa melayani pasien BPJS ke depannya,” terangnya.

RSUD Grati sendiri, baru diresmikan pada Oktober 2018. Dan saat ini tercatat sebagai rumah sakit tipe D. Arma mengatakan, pihaknya akan mendaftarkan akreditasi bulan Maret. Dengan sisa waktu hingga Juni, Arma optimistis akreditasi bisa dicapai sampai tenggat waktu bulan Juni mendatang. (eka/fun)