Terapkan Smart Card untuk Semua Jenis Kendaraan di Uji Kir Dishub

BARU: Kepala UPT Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Kabupaten Probolinggo Cipto Widianto menunjukkan alat penunjuk normal-tidaknya rem sebuah kendaraan di tempat uji kir yang baru, Senin (13/1). (Foto: Dishub Kabupaten Probolinggo for Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

KRAKSAAN, Radar Bromo – Balai Uji Kir Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo mulai menerapkan smart card untuk semua jenis kendaraan yang melakukan pengujian. Bahkan, mulai kemarin (13/1) sudah bisa melakukan uji kir untuk semua jenis kendaraan.

Sebelumnya, penggunaan smart card hanya diterapkan bagi kendaraan yang sudah rutin melakukan pengujian kir secara berkala. Namun, kini smart card dan pengujian kir juga diperuntunkan bagi kendaraan baru.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub Kabupaten Probolinggo Cipto Widianto mengatakan, sebelumnya hanya kendaraan-kendaraan lama yang bisa melakukan uji kir.

“Dari awal tahun hingga kemarin, mobil yang baru belum kami terima untuk uji kir. Karena sekalian akan kami mulai pengujiannya dengan tempat yang baru,” ujarnya.

Ia menyebutkan, selain menunggu tempat uji yang baru, pemilik kendaraan baru akan langsung mendapatkan smart card. Hal ini berbeda dengan pemilik kendaraan lama. Mereka harus menghabiskan dulu kartu uji lamanya untuk mendapatkan smart card.

“Kendaraan lama itu baru akan dapat ketika buku uji kirnya penuh. Kalau penuhnya pertengahan tahun, ya pertengahan tahun kami berikan smart card-nya. Tapi, kalau yang baru akan langsung dapat,” jelasnya.

Kini pemilik kendaraan baru sudah bisa mengujikan kendaraannya di Balai Uji Kir Kabupaten Probolinggo. “Dari awal tahun sudah ada ratusan kendaraan yang melakukan uji kir. Tapi, itu kendaraan lama dan di tempat yang lama. Mulai hari ini (kemarin) tempat yang baru sudah siap,” ujarnya.

Cipto berharap, dengan adanya smart card, para pemilik kendaraan akan rutin melakukan pengujian kir. Dengan melakukan pengujian, sebuah kendaraan akan lebih terjamin kelayakannya. (mg1/rud/fun)