Sering Macet, Dishub Siapkan Survei Traffic Light di Simpang Tiga Kejapanan

GEMPOL, Radar Bromo – Dioperasionalkannya traffic light (TL) di simpang tiga Gempol, jadi perhatian Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pasuruan. Sebab, sejak TL itu dioperasikan, kemacetan kerap terjadi.

Kemacetan kerap terpantau di dua titik. Yakni, dari arah Banyuwangi ke Surabaya, serta dari arah Surabaya ke Malang dan Banyuwangi.

Untuk mengatasinya, dalam waktu dekat ini Dishub setempat bakal menurunkan tim teknis ke lapangan. Tim itu bakal melakukan survei fasa terhadap operasional TL.

“Upaya ini segera kami tempuh secepatnya untuk mengetahui dan menentukan siklus waktu di tiap-tiap fasa (titik) terhadap operasional TL simpang tiga Gempol,” jelas Sugianto, koordinator teknis dan survei jaringan Dishub Kabupaten Pasuruan.

Untuk surveinya sendiri, kini sedang proses persiapan. Realisasinya turun ke lapangan paling lambat pekan depan. Survei itu bakal menerjunkan 8 personel Dishub.

“Nanti untuk surveinya ditempuh selama sepekan. Mulai pukul 06.00 – 19.00 atau minimal per harinya 12 jam. Sehingga, dapat mengurai kemacetan yang ada imbas dari beroperasinya TL,” jelasnya.

Setelah survei tuntas, hasilnya akan dievaluasi oleh tim teknis Dishub Kabupaten Pasuruan. Kemudian disampaikan ke Badan Pengelola Transportasi Darat (BPTD) wilayah XI, selaku pengelola TL. (zal/mie)