Plengsengan Akses ke Makam di Kepulungan Ambrol, Sebagian Badan Jalan Ikut Ambles

GEMPOL, Radar Bromo – Warga yang hendak ke makam Dusun Klabangan, Desa Kepulungan, Kecamatan Gempol, harus waspada. Sebab, plengsengan akses ke makam saat ini alami ambrol. Sebagian badan jalan pun ikut ambles.

Dari informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo, plengsengan dan sebagian jalan itu alami ambrol pada Kamis sore (9/1). Panjang plengsengan dan jalan yang ambrol itu sekitar lima meter, dengan lebar satu meter dan tinggi tiga meter.

“Ambrolnya bersamaan dengan hujan lebat sore hari. Kondisi itu diketahui warga saat mau cuci pakaian ke sungai dekat lokasi,” ujar Fatimah, salah seorang ibu rumah tangga, warga setempat.

Kondisi plengsengan ambrol di kawasan setempat ternyata bukan kali ini saja terjadi. Pada 2017 lalu, kondisi serupa juga terjadi. Namun, langsung diperbaiki oleh pemdes setempat.

Plengsengan yang jadi akses ke makam tersebut dibangun pada 2017 dengan dialokasikan dari Dana Desa (DD). “Untuk ambrolnya pasca dibangun plengsengan jalan akses makam ini sudah dua kali kejadian. Sama seperti sebelumnya, kami dan warga lainnya berharap kembali diperbaiki lagi agar ambrolnya tidak semakin melebar dan meluas,” harap Fatimah.

Sementara itu, Kades Kepulungan Didik Hartono yang baru dilantik akhir Desember lalu membenarkan ambrolnya plengsengan tersebut. “Ambrolnya plengsengan jalan ini karena faktor alam. Yakni, tergerus air hujan,” jelasnya.

Didik pun menargetkan, plengsengan yang ambrol itu bisa diperbaiki secepatnya. “Diupayakan segera,” katanya. (zal/mie)