Pemasangan Girder Jembatan Randumerak Ditunda, Ini Penyebabnya

BAKAL DITUTUP: Sejumlah pengendara melintas di Jembatan Randumerak, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. Pemasangan girder di jembatan ini tertunda karena terkendala alat berat. (Arif Mashudi/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PAITONRencana pemasangan girder Jembatan Randumerak, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo, molor. Sebab, kemarin alat berat yang akan digunakan untuk memasang balok di antara dua penyangga jembatan itu tidak datang. Sehingga, pemasangannya diundur hari ini dan besok (13-14/12).

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Balai Besar Pelaksana Jalan National (BBPJN) VIII Wilayah Probolinggo-Situbondo Andhika Tommy Ardiansyah mengatakan, ada perubahan jadwal dalam pemasangan girder Jembetan Randumerak. Awalnya, akan digarap pada Rabu-Kamis (12-13/12), tapi karena ada kendala teknis diundur hari ini dan besok (14/12).

Waktu pemasangannya sama dengan jadwal sebelumnya. Yakni, mulai pukul 09.00 sampai pukul 15.00. Dan malam mulai pukul 19.00 sampai pukul 21.00. “Pemasangan girder diundur Kamis dan Jumat. Jadi, rencana penutupan sementara jalan raya Paiton, juga diundur,” ujarnya, kemarin.

Soal penyebab tertundanya pemasangan girder itu, Tommy mengatakan, alat berat yang akan digunakan untuk memindahkan girder itu berada di Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Rencananya, alat itu akan dibawa ke Kecamatan Paiton, Selasa (11/12). Namun, di wilayah Pandaan hujan, akhirnya gagal dibawa ke Paiton. “Hari ini (kemarin) kami pastikan alat berat itu digeser dari Pandaan ke Paiton. Karena pemasangan girder harus besok (hari ini),” ujarnya.

Tommy mengatakan, pembangunan jembatan sudah sampai pada tahap pemasangan girder sebagai alas jembatan. Selama proses pemasangan girder itu, memaksimalkan penuh ruas jembatan sisi utara. Karenanya, harus steril dari kendaraan. Namun, nantinya akan gunakan sistem buka tutup supaya arus lalu lintas tidak terlalu macet panjang. “Ada enam girder yang akan kami pasang di Jembatan Randumerak itu,” ujarnya. (mas/rud)