Kerusakan Akibat Rekonstruksi Perbaikan Jalan di Airlangga-Hasanuddin Akan Ditanggung

PURWOREJO – Rekonstruksi Jalan Airlangga, Kelurahan/Kecamatan Purworejo dan Jalan Hasanuddin, Kelurahan Karanganyar, Kecamatan Gadingrejo terus dilakukan. Pemkot menargetkan rekonstruksi rampung Desember mendatang.

Selama proses perbaikan di jalan tersebut, diakui memang membawa dampak terhadap warga sekitar. Terutama bagi warga yang rumahnya berada di tepi jalan. Begitu pula dengan kerusakan, imbas adanya proyek. Pemkot pun menjanjikan, akan mengganti bangunan milik warga, jika memang terjadi kerusakan selama proyek berlangsung.

Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pasuruan, Akung Novajanto mengungkapkan rekonstruksi bakal dilakukan di kedua ruas jalan. Rekonstruksi di kedua ruas jalan ini membutuhkan anggaran sebesar Rp 34 miliar.

PUPR sempat melakukan sosialisasi pada warga terkait rekonstruksi di kantor kelurahan setempat. Dalam sosialisasi ini disepakati jika tidak ada kompensasi yang diberikan pada warga terdampak. Namun, PUPR berjanji bakal memperbaiki jika ada bangunan rumah yang rusak akibat proyek ini.

Ia lantas mencontohkan jika ada pagar yang rusak atau tembok yang retak, maka pihaknya akan langsung memperbaiki seperti sedia kala. Namun, jika ditemukan ada bangunan yang lebih menjorok ke jalan dibandingkan bangunan lain, perbaikan tetap mengacu pada bangunan sekitar.

“Kecuali jika yang bersangkutan memiliki bukti surat tanah dan bangunan jika bangunan yang menjorok ini sudah sesuai dengan ketentuan,” jelasnya.

Akung meminta agar warga setempat lebih bersabar. Sebab, rekonstruksi ini baru rampung paling cepat awal Desember mendatang. Kondisi ini bukannya tanpa alasan. Pasalnya, PUPR menemukan banyak utilitas atau kegunaan di ruas jalan ini, seperti kabel Telkom dan pipa PDAM.

“Selain itu, ruas jalan ini kan masih digunakan bagi kendaraan motor dan kendaraan berat yang hendak ke arah Probolinggo. Tentunya pengerjaan dibuat lebih hati-hati,” ungkap Akung. (riz/fun)