Embung Welulang Segera Tuntas, Pembangunan Capai 50 Persen

BANGIL, Radar Bromo– Pembangunan lanjutan Embung Welulang di Kecamatan Lumbang, Kabupaten Pasuruan, hampir tuntas. Sejauh ini proses pembangunan embung tahap ke dua itu sudah mencapai 50 persen.

 

Plh Kepala Dinas SDA dan Tata Ruang Kabupaten Pasuruan Hanung Widya Sasangka menjelaskan, pembangunan embung Welulang dilakukan dua tahap. Tahap awal dilaksanakan pada 2018 dengan pengerjaan berupa pengerukan lahan embung serta pengecoran.

Di tahun itu, pengecoran yang dilakukan belum menyeluruh. Pengecoran kemudian dilanjutkan tahun 2019. “Tahun ini merupakan finishing pembangunan embung tersebut,” jelasnya.

Ia menjelaskan, proses finishing tak hanya pengecoran, tetapi juga pelandaian tempat pembuangan urukan atau spoilbank. Proses pekerjaan sudah dilaksanakan Mei 2019.

“Saat ini sudah mencapai lebih dari 50 persen pekerjaan dilakukan,” ungkap Hanung.

Pihaknya memperkirakan, November pembangunan embung tersebut rampung sepenuhnya. Sehingga, nantinya bisa menampung air baku yang dipergunakan untuk kebutuhan warga. Seperti sarana irigasi.

Embung yang dibangun BBWS Brantas itu, menelan dana tak murah. Sekitar Rp 10 miliar dialokasikan dari APBN untuk pembangunan embung yang berlangsung dua tahun itu. (one/fun)