alexametrics
31.5 C
Probolinggo
Friday, 30 October 2020

Diresmikan Jokowi Senin Ini, Begini Kondisi Tol Malang-Pandaan

PURWODADI – Pembangunan jalan tol Malang-Pandaan (Mapan) yang dimulai sejak Januari 2017 lalu, akhirnya diresmikan Senin ini (13/5) oleh Presiden Joko Widodo. Namun, dari lima seksi, hanya 3 seksi yang bisa beroperasi. Yakni, seksi 1 Pandaan-Purwodadi, seksi 2 Purwodadi-Lawang, kemudian seksi 3 Lawang-Singosari.

TINGGAL DITANDATANGANI: Tim gabungan dari Jasamarga dan pelaksana proyek tol Malang-Pandaan sedang survei lokasi penandatanganan prasasti batu yang terletak di KM 65 Desa Sumbersuko, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan, Minggu (12/5/2019) siang. Sesuai rencana, jalur tol menuju kota wisata tersebut bakal diresmikan. (Mokhamad Zubaidillah/Jawa Pos Radar Bromo)

“Seksi 1 hingga 3 saja yang siap diresmikan sekaligus operasional. Untuk dua seksi lainnya belum. Yakni, seksi 4 Singosari-Pakis dan seksi 5 Pakis-Malang yang masih dalam proses pembangunan,” terang Humas PT Jasamarga Pandaan Malang Agus Tri. Artinya, dari 38,4 kilometer total ruas tol Mapan, hanya 30,5 kilometer yang siap.

Tiga seksi yang akan diresmikan dan beroperasi, sertifikat uji laik jalannya sudah turun Jumat (10/5). Peresmian sendiri akan dilakukan di gerbang tol Singosari, Kabupaten Malang. Rencananya, Presiden Jokowi akan didampingi Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

“Presiden beserta rombongan dari Jakarta, diperkirakan tiba di Bandara Abdurahman Saleh Malang sekitar pukul 10.00. Setelah itu, meluncur ke lokasi di gerbang tol Singosari dan melakukan peresmian tol sekitar pukul 11.00. Selesai acara langsung balik ke Jakarta,” tuturnya.

Operasionalnya tol Mapan ini diharapkan semakin memudahkan jalur transportasi ke Malang maupun sebaliknya. Termasuk ke daerah lainnya seperti Blitar dan Batu. Apalagi, tol tersebut sudah terkoneksi dengan ruas jalan tol Surabaya-Porong, Porong-Gempol, Gempol-Pandaan, Gempol-Pasuruan, dan Pasuruan-Probolinggo.

“Pastinya perjalanan menuju Malang bakal lebih cepat lewat tol ini. Selain ke Malang, juga mempercepat perjalanan menuju Batu dan Blitar,” jelas Pimpro PT Jasamarga Pandaan Malang Indrawan.

Menurutnya, di ruas jalan tol ini sesuai dengan karakteristik jalan dan juga medan. Kecepatan maksimum kendaraan 80 kilometer per jam dan minimumnya 60 kilometer per jam. Masuknya bisa dari ruas jalan tol Surabaya-Porong, Porong-Kejapanan, Paspro, Gempas, dan Gempan.

“Di sepanjang ruas jalan tiga seksi yang ada, terdapat tiga gerbang tol. Yakni, di Purwodadi, Lawang, dan Singosari. Saat operasional, semua gerbang tol dapat dilalui kendaran masuk maupun keluar,” ungkapnya.

Karena masih awal diresmikan, untuk operasionalnya gratis sekitar dua pekan. Mengingat tarif tolnya belum turun. “Operasionalnya kami agendakan mulai Selasa (14/5) karena pasca peresmian harus dilakukan pembersihan tenda dan sebagainya,” terangnya. (zal/rf)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Waspada Banjir di Kab Probolinggo, Dinas PUPR Pantau Pintu Air Ini

Mengingat hujan mulai turun, pemantauan pintu air lebih diintensifkan.

Sampah Sering Berserakan, Rencanakan TPS di Dekat Jembatan Krejengan

Keresahan warga Desa/Kecamatan Krejengan dan para pengendara yang melintasi jembatan di sana akan berakhir.

Long Weekend, Ketua PHRI: Okupansi Hotel di Pasuruan Naik 80 Persen

Okupansi hotel-hotel di Kabupaten Pasuruan naik hingga 80 persen, bahkan, diprediksi naik sampai hari Minggu nanti.

Polisi: Pelaku Curanmor di Petungasri Komplotan Spesialis

Para pelaku yang menggondol dua motor di Lingkungan Pasegan, Kelurahan Petungasri, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, terlihat cukup tenang ketika beraksi.

Tersisa Rehab 534 RTLH Belum Rampung di Kab Pasuruan

Sebanyak 2 ribu unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Pasuruan bakal dibedah tahun ini.