Normalisasi Saluran Bawah Tol Paspro di Muneng Akibat Tersumbat Sampah

SUMBERASIH, Radar Bromo – Kondisi bawah jalan tol Muneng, Kecamatan Sumberasih yang jadi langganan banjir akhirnya dinormalisasi. Kamis (13/2), dengan menggunakan alat berat eskavator, petugas dari pelaksana tol melakukan pengerukan. Termasuk meluruskan kembali saluran air di tepi jalan raya Muneng Sumbersih.

Priyadi selaku PPK (pejabat pembuat komitmen) tol Pasuruan Probolinggo (Paspro) mengatakan, banjir itu sebenarnya bukan karena dampak pembangunan jalan tol. Namun, terjadi penyumbatan pada sungai kecil. Nah, itu terjadi karena sampah uang menumpuk di lokasi tersebut.

”Sampah dari kampung itu atas diindikasi banyak warga buang sampah disungai. Terus ikut arus air nyumbat di dekat bawah jalan tol,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo, Kamis.

BANYAK PIHAK: Normalisasi itu disaksikan Forkompimka Sumberasih dan PPK Tol Paspro. (Foto: Istimewa)

Selain itu, lanjut Priyadi, ada jembatan kecil akses menuju ke Tower Telkom  yang mengalami pendangkalan. Sehingga, aliran air pun berhenti dan terjadilah genangan di lokasi saat turun hujan. ”Penyelessiannya, PT Waskita membantu pembersihan dengan eskavator. Atau dilakukan normalisasi. Termasuk meluruskan kembali aliran sungai kecil itu,” katanya.

Selanjutnya, masih kata Priyadi, perlu adanya perhatian dari pemerintah. Supaya, kedepan tidak ada lagi pembuagan sampah ke aliran sungai tersebut.

Kapolsek Sumberasih Iptu Suyanto saat dikonfirmasi mengatakan, pengerjakan normalisasi sudah mulai dikerjakan kemarin pagi. Dimana, sumbatan itu terjadi karena gorong-gorong akses jalan menuju menara tower itu, tersumbat oleh sampah-sampah. Sehingga, air dari arah selatan pun tidak dapat mengalir dan terhenti di sekitar bawah jalan tol.

”Kami bersama-sama pastikan normalisasi berjalan dengan aman dan lancar,” ujarnya. (mas/fun)