Tahun Depan, Ini Total Dana yang Akan Digelontorkan Desa di Kabupaten Pasuruan

BANGIL – Jumlah penerimaan dana pemerintah desa tahun depan dipastikan meningkat. Peningkatan itu terjadi, seiring dengan kenaikan ADD dan DD yang dialokasikan pemerintah.

Hal ini ditegaskan Kepala Bidang Keuangan dan Kekayaan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan, Andar Sulistyorini. Ia menuturkan, ada kenaikan anggaran dari pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk setiap desa-desa di Kabupaten Pasuruan.

Kenaikan yang direalisasikan cukup signifikan. Total mencapai Rp 66 miliar. “Ada kenaikan alokasi anggaran untuk pemerintah desa tahun 2019,” kata Andar saat ditemui di kantornya Selasa (11/12).

Andar menjelaskan, tahun 2018 ini, Pemkab mengalokasikan ADD hingga Rp 146 miliar. Nilai tersebut akan ditambah Rp 5 miliar pada 2019, di mana untuk ADD mencapai Rp 151 miliar.

Sementara untuk dana yang bersumber dari pemerintah pusat, berupa DD ada kenaikan hingga Rp 61 miliar. Semula, pemerintah pusat mengalokasikan dana hingga Rp 301 miliar pada 2018. Sedangkan tahun 2019, diproyeksikan mencapai Rp 362 miliar.

“Total anggaran ADD dan DD tahun 2019, mencapai Rp 513 miliar. Jumlah itu, lebih tinggi Rp 66 miliar dibanding tahun 2018 ini yang senilai Rp 447 miliar,” jelasnya.

Kenaikan ini tentu akan berdampak terhadap pendapatan yang diterima setiap desa. Pasalnya, rata-rata desa bisa mendapatkan anggaran hingga Rp 1,5 miliar. Dengan dana tersebut, tentunya pembangunan di setiap desa, bisa lebih maksimal.

“Penerimaan setiap desa, jelas akan bertambah. Dengan bertambahnya dana tersebut, tentunya akan mendorong peningkatan pembangunan di masing-masing desa,” pungkasnya. (one/fun)