alexametrics
25.1 C
Probolinggo
Monday, 30 November 2020

Berpotensi Tergerus Longsor, Rumah Warga di Lumbang yang Dekat Tebing Diimbau Pindah

LUMBANG, Radar Bromo – Longsor yang terjadi di Rt 15/RW 05 Dusun Puncaksari, Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo, mendapat perhatian serius dari pihak pemerintah. Para pemilik rumah yang berada di dekat tebing ini diminta untuk pindah sementara. Sebab, masih berpotensi terjadi longsor susulan.

Sedikitnya, ada lima rumah yang berada di dekat tebing yang longsor pada Selasa (10/3) lalu. Keberadaan rumah ini cukup dengan dengan jurang. Hanya sekitar 1 meter. Bahkan, dapur salah satu rumah warga sudah roboh terbawa longsor.

Selain itu, longsor bukan hanya terjadi kali pertama di Desa Sapih. Februari lalu longsor juga sudah pernah terjadi di lokasi yang sama. Karenanya, sejumlah rumah yang berada di atas tebing sekitar 25 meter ini diimbau pindah.

Camat Lumbang Junaedi mengatakan, melihat kejadian itu pihaknya mengimbau masyarakat di sekitar lokasi longsor untuk terus waspada. Mengingat saat ini masih musim hujan. Selain itu, pihaknya mengimbau kepada pemilik rumah tidak tinggal atau pindah sementara waktu. Sebab, dikhawatirkan terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Nanti Kami akan berkoordinasi dengan pemerintah desa perihal warga yang masih menempati rumahnya yang ada di dekat tebing. Kalau bisa harus pindah, namun sepertinya akan sulit. Jadi, nanti saat terjadi hujan warga yang rumahnya berada di dekat tebing longsor itu bisa mengungsi ke rumah tetangga atau saudaranya yang dirasa aman,” ujarnya.

Selasa (10/3) lalu, dampak longsor menimpa rumah Mohammad Anwar Wakidi. Dapurnya, berukuran 10 kali 2 meter roboh tergerus longsor. Melihat itu, kata Junaedi, korban terdampak sebisa mungkin harus pindah.

“Korban yang dapurnya roboh (Mohammad Anwar Wakidi) itu salah satu guru honorer di SDN Sapih 3. Kebetulan di sana ada rumah dinas. Nanti, bisa menampati rumah dinas itu. Saya juga sudah berkoordinasi Plt kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo, perihal penempatan rumah dinas itu,” ujarnya. (mg1/rud/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Profesional, Kolaborasi-Pemasaran Digital Bantu Dongkrak Produk Lokal

Meski kondisi sulit, beberapa UMKM masih mampu bertahan. Bahkan, berkembang dengan sejumlah inovasi.

Rem Blong, Truk Nyemplung Parit-Sasak Pagar Pabrik di Pandaan

Gara-gara remb blong, sebuah truk boks bernopol L 8466 UX hilang kendali di jalan Malang-Surabaya

Produksi Garam di Kab Probolinggo Turun Separo

Musim hujan seakan menjadi “musuh” bagi petani garam di Kabupaten Probolinggo.

Agenda Paripurna Pengesahan APBD 2021 Kab Pasuruan Amburadul

Kegiatan paripurna itu sendiri, memang seharusnya disahkan Senin ini (30/11).

Pemeliharaan Jalan Nasional Hanya Dialokasikan Rp 13 Miliar

Sejumlah ruas jalan nasional mulai dari Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan, hingga Kota Probolinggo, tahun depan dipastikan tidak akan banyak berubah.