alexametrics
26.4 C
Probolinggo
Tuesday, 27 October 2020

BPBD Upayakan Bantuan dari Pemprov untuk Korban Puting Beliung di Tongas

TONGAS – Bantuan korban terdampak bencana angin puting beliung di dua desa Kecamatan Tongas, masih diupayakan mendapatkan bantuan. Sabtu lalu (9/3), para korban sudah mendapatkan bantuan sembako dari Pemprov Jatim.

Namun, untuk bantuan perbaikan kerusakan akibat dampak bencana puting beliung, masih akan dirapatkan di tim anggaran pemerintah daerah (Pemda) Kabupaten. Sejauh ini BPBD Kabupaten Probolinggo masih berkoordinasi dan laporan ke BPBD Provinsi Jatim.

Gubernur Jatim merespons dan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Timur serta Dinas Koperasi dan UKM Provinsi untuk memberikan bantuan sembako. ”Sebanyak 60 paket bantuan sembako itu diberikan pada warga yang terdampak angin putting beliung di Desa Tambakrejo dan desa curah tulis Kecamatan Tongas,” kata Anggit Hermanuadi selaku Kepala BPBD Kabupaten Probolinggo pada Jawa Pos Radar Bromo, Senin (11/3).

Anggit mengharapkan, bantuan dukungan serta perhatian selanjutnya juga diberikan terhadap sarana prasarana infrastruktur di daerah pada umumnya, dan khususnya aset Pemerintah Provinsi Jawa Timur, misalnya sungai. “Perlu diketahui bahwa semua sungai-sungai di Kabupaten Probolinggo adalah merupakan aset Provinsi Jawa Timur. Dan sungai-sungai ini berpotensi menimbulkan banjir, seperti yang terjadi di Kecamatan Tiris beberapa waktu yang lalu sehingga perlu adanya perhatian terhadap pembangunan dan pemeliharaan infrastruktur tersebut,” harapnya.

Disinggung soal kerusakan rumah warga dampak bencana angin putting beliung? Anggit mengaku, pihaknya masih belum dapat memastikan bantuan tersebut. Sebab, pihaknya bersama OPD terkait di lingkup Kabupaten Probolinggo, akan merapatkan terkait bantuan tersebut. Terutama soal penanggarannya.

”Nanti akan kami masih rapatkan untuk bantuan kerusakannya. Banyak rumah yang terdampak, tapi paling banyak rumah rusak ringan. Ada sekitar 60 rumah yang terdampak, tapi paling banyak rusak ringan,” terangnya. (mas/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Usai Donor Darah, Bold Riders-Super Soccer Pasuruan Tanam Pohon

Tanaman kayu putih dipilih karena ini adalah tanaman obat.

Jualan Buah di Jl Juanda, Putri Polisi Dijambret, Ini Modusnya  

Korban melaporkan pelaku yang saat itu mengendarai sepeda motor Honda Vario merah.

Innalillahi, Pulang Kerja, PNS Pemkab Pasuruan Tewas Tertabrak Truk Tronton

Sore itu, Slamet Supriyanto hendak pulang ke rumahnya usai bekerja. Ia mengendarai motor Honda Vario bernopol N 2175 TBL dari arah utara ke selatan.

Kaliputih Sumbersuko Gempol Kembali Tercemar Busa Berlimpah

Kondisi sungai tercemar busa itu bukan kali ini terjadi. Pada pertengahan Agustus lalu, kondisi serupa juga pernah terjadi.

Komunitas Difabel Antusias Ikuti Donor Darah Bold Riders Probolinggo

Dalam aksi sosial ini, Difabel Motorcycle Indonesia (DMI) Probolinggo turut serta menjadi pendonor.