Dana Reses Dewan Kota Pasuruan Stagnan, Sekali Gelar Gelontor Segini

PASURUAN, Radar Bromo – Pemkot Pasuruan kembali mengalokasikan anggaran reses bagi puluhan anggota DPRD tahun ini. Besarannya tak berbeda dengan tahun lalu. Anggaran reses untuk 30 anggota dewan itu dialokasikan dari APBD 2020.

Nominal anggaran yang diberikan kepada setiap anggota dewan juga sama. Yakni Rp 10,5 juta untuk setiap kali reses. Sekretaris DPRD Kota Pasuruan Raden Murahanto menjelaskan besaran anggaran itu telah ditetapkan. Pihaknya mengacu pada Permendagri Nomor 62 Tahun 2012. Dimana anggaran reses dialokasikan dengan menyesuaikan potensi keuangan daerah.

“Kota Pasuruan termasuk dalam kategori keuangan daerah sedang. Sehingga anggaran reses ini masih sama dengan tahun lalu,” ungkapnya.

Sehingga setiap kali reses, anggaran yang dikucurkan mencapai Rp 315 juta. Dalam setahun, dewan menggelar reses sebanyak tiga kali. Artinya, dana yang telah dialokasikan Pemkot untuk reses dewan itu totalnya mencapai Rp 945 juta.

Reses dilaksanakan di daerah pemilihan masing-masing anggota dewan. “Tujuannya untuk menampung aspirasi pemilihnya. Setidaknya harus ada 100 konstituen,” kata Murahanto. (tom/fun)