Berlakukan Satu Arah di Belakang PT Eratex untuk Urai Kemacetan

KADEMANGAN, Radar Bromo – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Probolinggo tengah mengkaji pemberlakuan rekayasa lalu lintas (lalin) di Jalan Supriyadi. Tepatnya di belakang PT Eratex Djaja. Tujuannya, tidak lain untuk mengurai kemacetan di tempat itu.

Kajian pemberlakuan rekayasa lalin dilakukan, menyusul keluhan pengguna jalan atas macetnya Jalan Supriyadi. Terutama di jam-jam tertentu. Seperti saat jam masuk dan pulang karyawan dari pabrik tekstil tersebut.

Kabid Lalu Lintas pada Dishub Kota Probolinggo Purwantoro Novianto mengatakan, kajian rekayasa lalin dilakukan setelah Dishub melakukan studi kasus manajemen rekayasa penyelesaian kemacetan arus lalu lintas. Dari studi kasus itu, Dishub berencana memberlakukan jalan satu arah dari barat, saat pagi sampai siang. Kemudian, memberlakukan jalan satu arah dari timur, saat sore.

Sebelum menerapkan rencana itu, terlebih dulu melalui Bidang Lalin, Dishub akan mengidentifikasi beberapa hal. Seperti, penataan kendaraan penjemput karyawan, menata pengusaha parkir dan menata pedagang kaki lima (PKL).

Rencana itu juga akan dikoordinasikan dengan beberapa pihak terkait. Seperti manajemen PT Eratex Djaja, Kelurahan dan Kecamatan, khususnya tentang waktu pelaksanannya.

“Yang jelas, rencana ini secepatnya akan kami berlakukan jika sudah disetujui oleh wali kota,” terangnya.

Harapannya, rekayasa lalin satu arah dapat mengurangi kepadatan dan kemacetan di kawasan Jl. Supriyadi atau jalan belakang PT Eratex Djaja. “Sehingga lalu lintas di lokasi tersebut dapat lancar aman terkendali selamat dan nyaman,” harapnya. (rpd/fun)