Puting Beliung di Ledug Prigen, 30 Rumah Rusak-10 Luka

PRIGEN, Radar Bromo – Angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan, Sabtu (9/11) juga merusak puluhan rumah. Di Lingkungan Jeruk, Kelurahan Ledug, 30 rumah rusak akibat bencana puting beliung.

Dari 30 rumah yang rusak itu, enam di antaranya mengalami kerusakan parah. Bahkan, 10 warga setempat mengalami luka ringan dalam bencana itu.

Puting beliung sendiri terjadi sekitar pukul 14.30. Awalnya, turun hujan di Prigen, disertai angin kencang. Tidak lama kemudian, angin puting beliung menyapu wilayah Ledug. Memang tidak lama, hanya beberapa detik. Namun, puting beliung menimbulkan kerusakan pada 30 rumah warga setempat.

Rata-rata, kerusakan rumah terjadi di bagian atap. Ada yang rusak, karena tersapu puting beliung. Ada juga yang rusak, karena tertimpa pohon tumbang.

Sore itu juga, warga langsung gotong royong membersihkan lingkungan sekitar. Termasuk membersihkan kerusakan rumah. Gotong royong dilakukan sampai malam dan berlanjut kemarin (10/11).

“Ada sedikitnya 30 rumah warga mengalami kerusakan akibat puting beliung. Enam di antaranya mengalami kerusakan lumayan parah. Hari itu juga, warga gotong royong membersihkan rumah mereka,” terang kepala BPBD Kabupaten Pasuruan Bhakti Jati Permana.

BPBD sendiri, langsung menurunkan tim ke lokasi bencana, Sabtu (9/11) malam. Tim membantu evakuasi dan memperbaiki kerusakan ringan di rumah warga.

Untuk rumah yang atapnya rusak parah, BPBD memberikan bantuan sejumlah terpal sebagai penutup genteng untuk sementara. BPBD juga berkoordinasi dengan PLN Pasuruan untuk memperbaiki kabel yang putuh, imbas dari tumbangnya pohon.

Selanjutnya menurut Bhakti, warga yang rumahnya rusak bisa mendapat bantuan perbaikan, sesuai dengan ketentuan yang ada. “Bagi warga yang membutuhkan bantuan untuk perbaikan rumahnya, bisa mengajukan permohonan sesuai ketentuan. Nanti kami fasilitasi,” bebernya.

Sedangkan 10 warga yang luka ringan, langsung dievakuasi ke Puskesmas Prigen, malam itu juga. Namun, karena hanya mengalami luka ringan, mereka semua diperbolehkan pulang setelah mendapat pengobatan.

“Para korban dievakuasi ke Puskesmas Prigen untuk mendapatkan perawatan medis. Malam itu juga, mereka langsung pulang ke rumahnya masing-masing. Sebab hanya luka ringan,” tuturnya.

Tamiasih, 50, warga Lingkungan Jeruk, Kelurahan Ledug, adalah salah satu korban bencana puting beliung yang terjadi, Sabtu. Atap rumah, toko dan warungnya rusak kerusakan diterjang angin puting beliung.

Tamiasih mengaku kaget saat puting beliung datang. Dia tidak menyangka, bencana itu menerjang Lingkungan Jeruk. Sebab, sebelumnya tidak pernah ada bencana serupa di lingkungannya.

Beruntung, kerusakan atap rumah, warung dan tokonya tidak parah. Dia pun sudah memperbaiki kerusakan itu dengan dibantu saudara dan warga setempat.

“Anginnya kencang sekali, cepat sekali. Hanya beberapa detik. Kami sekeluarga langsung keluar rumah. Kalau kerusakan hal wajar dan masih bisa diperbaiki, yang penting orangnya selamat,” ujarnya. (zal/hn)