Targetkan Dana Desa Termin Pertama Cair April

BANGIL, Radar Bromo – Pengajuan pencairan DD dan ADD di Kabupaten Pasuruan, jauh dari target. Karena hingga saat ini, baru ada lima hingga tujuh desa yang mengajukan pencairan dana tersebut.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan Nurul Huda. Ia menyampaikan, jumlah pengajuan pencairan DD dan ADD masih minim. Dari 341 desa yang ada di Kabupaten Pasuruan, baru sekitar lima hingga tujuh desa yang mengajukan pencairan.

Padahal, pihaknya menargetkan untuk termin pertama, seharusnya bulan Mei sudah bisa dilakukan 100 persen. Khususnya untuk DD, lantaran pencairannya direalisasikan tiga termin. “Tapi, hingga sekarang masih sangat sedikit sekali yang mengajukan pencairan anggaran tersebut,” jelas Nurul.

Ia menambahkan, lambatnya pengajuan pencairan DD dan ADD oleh desa, dipengaruhi penyelesaian APBDes yang belum tuntas. Terlebih lagi, untuk 240 desa yang baru saja menyelesaikan pilkades.

Masing-masing pemerintah desa setempat harus menyelesaikan RPJMDes untuk 6 tahun ke depan. Sehingga, juga berpengaruh terhadap penyelesaian APBDes. “Kami terus mendorong agar kewajiban-kewajiban desa bisa diselesaikan,” tukasnya.

Nurul berharap pencairan DD dan ADD itu bisa dicairkan di sebagian desa. Paling tidak, 50 persen dari keseluruhan pemerintah desa. Sehingga, program-program yang direncanakan pemerintah desa bisa berjalan.

“Kami targetkan, agar di bulan April sebagian pemerintah desa sudah bisa melaksanakan program-proram pembangunannya. Sehingga, tidak mengganggu program-program pembangunan di termin berikutnya,” sambung dia.

Seperti yang diketahui, pemerintah menyiapkan dana jumbo untuk desa-desa di Kabupaten Pasuruan. Dana itu bersumber dari DD senilai Rp 368 miliar. Sedangkan ADD mencapai Rp 148 miliar. Pencairan dana tersebut, berlangsung tiga tahap untuk DD. Sementara untuk ADD, berlangsung dua tahap.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada yang cair. Karena baru ada sektiar lima hingga tujuh desa yang mengajukan pencairan. Lantaran mereka baru menyelesaikan APBDes 2020-nya. (one/fun)