Minta Warga Waspada Air Pasang saat Gerhana Bulan Penumbra Hari Ini

PROBOLINGGO, Radar Bromo – Hari ini akan terjadi gerhana bulan penumbra. Biasanya, jika terjadi gerhana demikian, maka air laut akan pasang. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Probolinggo mengimbau masyarakat untuk waspada.

Hal itu diungkap Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi. Ia meminta agar masyarakat khususnya warga yang berada di wilayah pesisir, untuk melakukan antisipasi. Seperti mengamankan barang-barang penting ke tempat lebih tinggi dan aman, serta membuat sekat pembatas di area yang bisa dimasuki air.

“Pokoknya berjaga-jaga di saat puncak pasang. Ini untuk meminimalisasi dampak yang tidak diinginkan,” katanya.

Masyarakat, kata Anggit, harus terus mewaspadai saat puncak pasang agar bisa meminimalisasi dampak yang tidak diinginkan. Selain itu, juga diharapkan mematikan atau memindahkan peralatan listrik yang terletak di bawah atau berpotensi terendam air.

“Masyarakat hendaknya segera melaporkan jika terjadi bencana ke BPBD ke CS 112 atau ke Pusdalops melalui Prosigab,” ungkapnya.

Gerhana bulan penumbra 11 Januari 2020 ini merupakan anggota ke 16 dari 71 anggota pada seri Saros 144. Gerhana bulan sebelumnya yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah gerhana bulan penumbra 30 Desember 2001.

Adapun gerhana bulan berikutnya yang berasosiasi dengan gerhana bulan ini adalah gerhana bulan penumbra 21 Januari 2038 mendatang. Data yang dihimpun untuk kawasan rawan banjir rob di daerah Kabupaten Probolinggo meliputi Kecamatan Gending, Pajarakan, Kraksaan, dan Paiton. Hal itu berdasarkan kejadian pada periode banjir rob tahun-tahun sebelumnya. (sid/fun)