Blarr… Terduga Pencuri di Lumbang Tewas Terkena Bondet Sendiri

LUMBANG, Radar Bromo-Warga Dusun Krajan, Desa Tandonsentul, Kecamatan Lumbang, Kabupaten Probolinggo digegerkan ledakan bondet atau bom ikan, Sabtu (11/1). Seorang lelaki yang belum diketahui identitasnya atau Mr. X meregang nyawa usai kena ledakan bondet.

Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo menyebutkan, insiden bondet meledak itu terjadi sekitar pukul 03.45. Bondet meledak di rumah Slamet, 40, warga setempat.

Kasat Reskrim Polres Probolinggo, AKP Rizki Santoso menyatakan, dari penyelidikan awal berdasarkan keterangan sejumlah saksi, korban ledakan itu diduga pelaku pencurian motor.

“Kami sudah datangi lokasi kejadian dan melakukan olah TKP (tempat kejadian perkara). Identitas korban ledakan masih Mr.X. Karena tidak ditemukan identitas pada korban. Warga pun tidak ada yang mengenali,” kata Rizki saat mendampingi Kapolres Probolinggo.

Perwira polisi dengan tiga setrip di pundaknya itu menjelaskan, insiden bermula saat pelaku yang diduga berjumlah 4 orang hendak mencuri motor di rumah korban Slamet. Nah, Mr.X diduga eksekutor hendak masuk rumah Slamet lewat pintu dapur.

Kebetulan, saat itu korban Slamet sudah bangun hendak salat subuh. “Sehingga, saat pelaku hendak membuka pintu belakang, ketahuan pemilik rumah dan sempat saling tarik pintu dapur,” terang Rizki.

Usai tepergok, pelaku Mr.X lantas berupaya. Korban Slamet pun berupaya mengejar dan berteriak minta tolong. “Korban Slamet langsung teriak maling memanggil kepala desa. Dalam waktu singkat, warga berdatangan,” katanya.

Tiga pelaku diduga kabur naik motor. Sementara seorang pelaku kabur ke areal belakang rumah korban Slamet. Mengetahui kondisi itu, warga pun menghadang di jalan berjarak sekitar 200 meter dari belakang rumah.

“Pelaku pencurian Mr.X yang kabur langsung balik arah, karena tahu warga sudah menghadang di jalan. Diduga saat melarikan diri itu, pelaku terjatuh ke selokan  atau saluran air,” jelas kasat.

Saat itulah, bondet yang dibawa kabur pelaku itu meledak. “Akibatkan bondet yang dibawa Mr.X meledak dan kena tubuh Mr.X,” ungkapnya. (mas/mie)