Cuti ke Spanyol, Bupati Probolinggo Temani Suami, Tapi Pakai Kocek Pribadi

DRINGU, Radar Bromo – Sepekan ini, Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari tidak masuk dinas seperti biasa. Orang nomor satu di Kabupaten Probolinggo tersebut tengah terbang ke Spanyol mendampingi suaminya yang kebetulan wakil ketua Komisi IV DPR RI kunjungan kerja (kunker) ke negeri matador tersebut.

Kepergian bupati sudah mendapatkan izin cuti dari Gubernur Jatim. Informasi yang dihimpun Jawa Pos Radar Bromo menyebutkan, Bupati Probolinggo terbang ke Spanyol, Sabtu (7/12). Direncanakan, cuti dinas Bupati selama lima hari, Senin (9/12) sampai Jumat besok (13/12).

Namun, perjalanan Tantri ke Spanyol tidak menggunakan anggaran perjalanan dinas sebagai bupati. Melainkan menggunakan anggaran pribadinya.

Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Probolinggo Heri saat dikonfirmasi tidak menampik Bupati Probolinggo tidak sedang dinas. Karena Bupati sudah mengajukan cuti dan diizinkan oleh Gubernur Jatim. Yaitu, selama lima hari sejak Senin sampai Jumat (13/12). ”Ibu sedang tidak dinas, Mas. Karena ibu sedang cuti,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo.

Disinggung soal cuti dinas untuk pergi ke Spanyol? Heri membenarkan soal Bupati tengah bepergiaan ke Spanyol. Untuk mendampingi suaminya, Hasan Aminuddin, wakil ketua Komisi IV DPR RI yang melaksanakan tugas negara. Sehingga, Bupati pun memutuskan untuk mengajukan cuti dinas ke Gubernur Jatim.

”Kebetulan Bapak Hasan sebagai pimpinan Komisi IV DPR RI, ada tugas negara ke Spanyol. Nah, Ibu Bupati itu mau mendampingi. Karena itu memilih untuk mengajukan cuti,” terangnya.

Meski demikian, ditegaskan Kabag Humas, perjalanan Bupati keluar negeri tidak menggunakan anggaran APBD ataupun perjalanan dinas sebagai bupati. Namun, selama cuti pergi ke Spanyol menggunakan dana dari kantong pribadi. Hanya saja, Bupati tetap ingin belajar yang ada di Spanyol dan bisa diterapkan serta membawa manfaat di Kabupaten Probolinggo.

”Tidak pakai anggaran perjalanan dinas. Beliau keluar negeri dampingi Bapak, pakai dana pribadi,” tandasnya. (mas/fun)