Bakar Sampah, Nyaris Merembet ke Permukiman Warga Kalianyar

BANGIL–Warga Kalianyar, Kecamatan Bangil dibuat panik, Senin pagi (10/9). Sekitar pukul 10.15, api membara di lahan kosong dekat pemukiman warga.

Warga khawatir, kebakaran itu bisa merembet ke pemukiman, bila tak segera mendapatkan penanganan. Informasi yang diperoleh, kebakaran itu bermula dari bakar-bakar sampah.

Angin yang berhembus kencang, rupanya membuat kebakaran itu merantak ke alang-alang. Kebakaran itupun membesar hingga membakari lahan setempat.

“Tadinya ada bakar-bakar sampah. Karena ada angin kencang, api merembet ke lahan kosong yang ditumbuhi banyak alang-alang,” ungkap Ruspandi, kepala UPT PMK Kabupaten Pasuruan.

Kepanikan muncul. Mengingat, kebakaran itu terjadi hanya berjalan lima meter dari perkampungan. Warga yang khawatir api merambat ke perkampungan, memilih melaporkan kejadian tersebut ke Damkar.

Dari laporan itulah, petugas damkar bergerak ke lokasi. Dibantu warga, api perlahan-lahan mampu dipadamkan. “Api benar-benar padam, selang tiga jam kemudian. Agar tidak semakin merambat, kami lakukan pembahasan pada lahan kosong setempat,” terangnya. (one/mie)