alexametrics
24C
Probolinggo
Saturday, 23 January 2021

Pasuruan Belum Zona Hijau, Tahun Ajaran Baru Tetap Belajar di Rumah

PURWOREJO, Radar Bromo – Tahun ajaran baru 2020/2021 akan dimulai 13 Juli 2020. Seluruh sekolah jenjang SD hingga SMP di Kota Pasuruan bakal tetap menerapkan pembelajaran dari rumah.

Hal itu ditegaskan Plt Wali Kota Pasuruan Raharto Teno Prasetyo. Ia mengatakan pembelajaran dari rumah bakal tetap diberlakukan meski memasuki tahun ajaran baru. “Pada tahun ajaran baru, anak-anak sekolah tetap belajar dari rumah,” kata Teno.

Dia menyebut, pembelajaran dari rumah tetap diberlakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus korona. Meski begitu, dia berharap pembelajaran tetap bisa maksimal. Sehingga pelajar tetap mendapatkan haknya dalam hal pendidikan.

Sejauh ini, pihaknya belum bisa mencabut penerapan pembelajaran dari rumah. Sebab kebijakan itu harus mengikuti ketentuan dari pemerintah pusat. Sedangkan pemerintah pusat memutuskan pembelajaran di sekolah hanya bisa diterapkan bagi daerah yang sudah berstatus zona hijau.

“Kebijakan ini mengikuti pemerintah pusat jadi kami tidak bisa melampaui kebijakan dari pusat,” katanya.

Sebelumnya, masa pembelajaran dari rumah bagi pelajar SD dan SMP di Kota Pasuruan diperpanjang sejak 1 Juni 2020. Pemkot Pasuruan kembali memperpanjang kebijakan belajar di rumah hingga batas waktu yang belum ditentukan. Sampai saat ini, Pemkot sudah memperpanjang kebijakan itu sebanyak lima kali.

“Pembelajaran dari rumah masih berlaku. Dalam surat yang kami keluarkan memang tidak ada batas waktunya. Kami akan terus berkoordinasi dengan Gugus Tugas untuk mengetahui perkembangan penyebaran virus korona,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pasuruan Mualif Arif. (tom/fun)

MOST READ

BERITA TERBARU