Biar Aman, Rakit Kotak Suara Dilakukan setelah Pelipatan Selesai

KRAKSAAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Probolinggo hingga saat ini masih belum melakukan perakitan kotak suara untuk pemilu 2019 ini. Sejauh ini KPU masih fokus menyelesaikan pelipatan surat suara. Nantinya, kotak suara itu akan dirakit setelah semuanya selesai.

Hal itu diungkapkan ketua KPU setempat Zubaidi. Menurutnya, saat ini pihaknya masih belum melakukan perakitan terhadap kontak suara itu. Itu memang sengaja dilakukan oleh pihak KPU. Rencananya perakitan baru akan dimulai mendekati pemilu.

“Nanti mendekati hari H baru akan kami lakukan perakitan kotak suara itu,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini pihaknya masih fokus dalam peipatan surat suara. Yang telah selesai surat suara yang dilipat antara lain DPRRI dan DPRD provinsi. Sedangkan untuk yang lainnya masih dalam proses.

“Untuk yang DPD hampir selesai. Jika sudah selesai, nanti baru akan kami lipat yang (surat suara) presiden. Selanjutnya akan dilanjut DPRD kabupaten,” ungkapnya.

Lebih lanjut, tidak di rakitnya surat suara itu juga karena gudang KPU masih penuh. Sehingga, jika dilakukan pelipatan, maka dikhawatirkan akan memakan tempat. Pasalnya, jumlah kotak suara yang banyak itu dipastikan akan memakan tempat yang banyak.

“Jelasnya kan seperti itu. Jadi lebih baikya nanti ketika akan didistribusikan maka akan dilakukan perakitan,” terangnya.

Di sisi lain, Zubaidi juga menyinggung keamanan kotak suara. Saat ini masih berlangsung musim hujan. Sehingga rawan akan terkena air dan dikhawatirkan rusak. “Untuk itu kami lakukan perakitan mendekati hari H saja. Itu lebih aman dan jauh dari risiko,” ungkapnya. (sid/fun)