alexametrics
26.3 C
Probolinggo
Saturday, 28 November 2020

Pilkades Serentak 243 Desa di Kab Pasuruan, Tiap TPS Dijaga 30 Linmas

BANGIL, Radar Bromo – Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di 243 desa Kabupaten Pasuruan bakal dapat pengamanan ekstra. Selain ribuan personel TNI dan Polri dikerahkan, ribuan Pelindung Masyarakat (Linmas) juga dikerahkan.

Sekretaris Satpol PP dan Linmas Kabupaten Pasuruan Basmi menyampaikan, Linmas memiliki peranan penting dalam penyelenggaraan Pilkades. Mereka merupakan petugas yang memberikan pelayanan keamanan dan kenyamanan bagi para pemilih.

Untuk mengamankan Pilkades yang digelar pada 23 November mendatang, total ada 7.290 personel Linmas dikerahkan. Mereka akan dibagi untuk mengamankan 243 desa yang menggelar pilkades.

Di mana setiap desa, akan disiagakan sebanyak 30 personel. Selain bertugas di TPS, mereka juga akan disiagakan di gang-gang ataupun pos-pos yang memang diperlukan.

“Tugasnya memberikan rasa nyaman bagi pemilih untuk menyalurkan hak suaranya. Mereka juga mengatur lalu lintas di desa serta membantu warga saat membutuhkan bantuan untuk menuju TPS,” imbuhnya.

Basmi menambahkan, ribuan Linmas akan ditugaskan mulai H-3 sampai H+3 pemilihan. Pilkades serentak sendiri digelar akhir November. Dengan begitu, waktu persiapannya masih panjang.

“Sekarang kami masih mengumpulkan data Linmas di desa-desa. Memang masih jauh. Tapi, kami harus lakukan persiapan itu jauh-jauh hari,” jelasnya.

Selain Linmas, ribuan personel Polri dan TNI juga dikerahkan. Hal itu terungkap saat digelar rapat koordinasi pengamanan Pilkades serentak di pendapa pada akhir Juli lalu.

Untuk Polri, pengamanan dilakukan oleh personel Polres Pasuruan dan Polres Pasuruan Kota. Untuk Polres Pasuruan Kota, rencananya mengerahkan 588 personel. Jumlah itu jauh lebih banyak dari personel di Polresta yang mencapai 499 personel.

Rencananya, Polresta bakal dapat sokongan bantuan personel dari Malang, Probolinggo, hingga Lumajang. Untuk Polres Pasuruan sendiri, rencananya akan mengerahkan 1.412 personel.           Sementara dari Kodim 0819 Pasuruan, rencananya menyiapkan 433 personel untuk pengamanannya. Jumlah itu, berpotensi bertambah lantaran melihat kondisi terakhir. (one/mie)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Awal Mengeluh Greges, Nakes RSUD dr Saleh Positif Covid-19 Meninggal

Sumarsono meninggal setelah sempat dirawat selama 7 hari di RSUD dr Moh Saleh.

Hendak Parkir, Truk Tertabrak Motor di Nguling

Saat berbelok ke arah utara, sopir truk tak mengetahui ada motor melaju dari arah barat ke arah timur.

Guru Dituntut Kreatif Mengajar di Tengah Pandemi  

Di saat pandemi, tugas guru tidak hanya sebagai pengajar tapi juga pembelajar, karena harus menemukan ide kreatif agar pembelajaran tetap menyenangkan.

Kali Wrati Masih Tercemar, Dewan Soroti Pengalihan Limbah

Polemik limbah yang mencemari sungai Wrati di Kecamatan Beji belum berakhir.

Perbaikan Jalan di Kab Probolinggo Dilanjut Hingga Akhir Tahun

Adanya perbaikan tersebut tidak terlepas dari adanya perubahan anggaran (P-APBD) yang dilakukan pihak PUPR