alexametrics
30.2 C
Probolinggo
Saturday, 28 November 2020

Ganggu Lalin, Lapak PKL Liar di Pasar Nongkojajar Ditertibkan

TUTUR, Radar Bromo – Setelah Wilayah Gempol, penertiban lapak PKL liar juga dilakukan di Kecamatan Tutur. Kali ini Satpol PP melakukan penertiban di depan Pasar Nongkojajar, Desa Wonosari. Langkah itu dilakukan karena lapak milik PKL dinilai mengganggu arus lalu lintas.

SUDAH PERNAH DITEGUR: PKL yang berjualan di depan pasar sebelumnya sudah pernah ditegur. (Rizal F. Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

Selama razia berlangsung Rabu (7/8) dari pagi hingga jelang siang itu, sedikitnya enam lapak liar milik PKL satu persatu dibongkar oleh petugas. Mulai dari rombong, kursi, meja, terpal dan lain sebagainya.

Kemudian barang-barang tersebut diusung dan sekaligus disita di halaman Kantor Kecamatan Tutur. Hanya berjarak sekitar 300 meter, dari lokasi razia berlangsung.

“Jauh sebelumnya sudah seringkali kami tegur, tapi tak digubris dan nekat tetap berjualan. Kini sikap tegas ditempuh dalam razia kali ini, ada enam lapak liar dibongkar sekaligus disita,” terang Ajar Dollar, kasi tibum Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pasuruan.

Menurut Ajar sapaan akrabnya sikap tegas diambilnya dalam razia kali ini, PKL juga diberi imbauan supaya tak mendirikan lapak di tepi jalan. Selain karena bukan tempatnya. Lapak tepi jalan juga mengganggu ketertiban arus lalu lintas di ruas jalan akses menuju wisata Bromo tersebut.

Apalagi, lapak PKL juga mengurangi lahan parkir kendaraan bermotor. Akibat bahu jalannya ditempati dan didirikan lapak liar ini, imbuhnya.

“Penertiban kami lakukan mengacu Perda 11/2015 tentang penataan dan pembinaan pedagang kaki lima. Tentunya sesuai dengan prosedur dan tegas,” ucapnya. (zal/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

BPBD Ajukan Tambah Truk Tangki-Mobil Double Cabin

Armada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasuruan saat ini dinilai kurang memadai.

Lanjutan Proyek PLUT-KUMKM Kembali Diusulkan Tahun Depan

Pemkot Pasuruan sejatinya sudah berencana melanjutkan proyek itu menggunakan APBD tahun ini. Namun, batal karena realokasi anggaran untuk Covid-19.

Kurang Sebulan, Proyek Pasar Gondangwetan Baru 45 Persen

Masuk akhir November ini, pengerjaan revitalisasi Pasar Gondangwetan saat ini masih 45 persen.

Dana Banpol di Kab Probolinggo Tahun 2021 Tak Naik

Pemkab Probolinggo memastikan rencana hibah dana bantuan politik (banpol) tahun depan sama dengan tahun ini.

Temukan Engsel saat Ekskavasi, Ini Analisis Kondisi Goa Jepang Dulu

Dengan ditemukannya engsel yang terbuat dari besi pada dinding mulut goa, ada analisis baru tentang Goa Jepang.