alexametrics
31.5 C
Probolinggo
Friday, 30 October 2020

17 Desa Belum Terima ADD-DD di Termin Pertama

BANGIL – Pencairan ADD dan DD termin pertama tahun 2019, belum sepenuhnya tuntas. Hingga saat ini, masih ada belasan desa yang pencairannya tersendat.

Kepala Bidang Keuangan dan Kekayaan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pasuruan, Andar Sulistyorini mengungkapkan, sebagian besar pemerintah desa telah menyerahkan berkas persyaratan. Bahkan, dana ADD maupun DD sudah tercairkan.

Namun, hingga Juli 2019 ini, masih ada yang belum menyelesaikan persyaratannya. Sehingga, pencairan ADD maupun DD-nya belum bisa dilakukan. “Hampir semuanya sudah cair, di termin pertama ini,” kata Andar.

Ia mencatat, ada 324 desa dari 341 desa, yang ADD maupun DD-nya cair. Artinya, masih ada 17 desa yang hingga kini, dananya belum tercairkan. Padahal, pencairan ADD maupun DD tersebut penting, untuk menjalankan program pemerintahan desa.

Selain untuk penghasilan tetap perangkat, juga untuk pembangunan yang ada di desa. Dengan begitu, masih ada desa yang belum bisa merealisasikan program pembangunannya di tahun ini.

“Kami terus mendorong agar mereka bisa menyelesaikan persyaratan. Masih ada 17 desa yang dananya belum cair. Mudah-mudahan, bulan ini bisa terselesaikan semuanya,” sambung dia yang enggan untuk menyebut desa-desa mana yang belum cair.

Menurut Andar, persyaratan yang dimaksud berupa APBDes untuk 2019. Tak kunjung cairnya dana di termin pertama, tentu akan mempengaruhi pencairan di termin berikutnya. Karena persyaratan untuk pencairan di termin berikutnya, harus menyertakan laporan pertanggungjawaban pekerjaan di termin pertama. (one/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Waspada Banjir di Kab Probolinggo, Dinas PUPR Pantau Pintu Air Ini

Mengingat hujan mulai turun, pemantauan pintu air lebih diintensifkan.

Sampah Sering Berserakan, Rencanakan TPS di Dekat Jembatan Krejengan

Keresahan warga Desa/Kecamatan Krejengan dan para pengendara yang melintasi jembatan di sana akan berakhir.

Long Weekend, Ketua PHRI: Okupansi Hotel di Pasuruan Naik 80 Persen

Okupansi hotel-hotel di Kabupaten Pasuruan naik hingga 80 persen, bahkan, diprediksi naik sampai hari Minggu nanti.

Polisi: Pelaku Curanmor di Petungasri Komplotan Spesialis

Para pelaku yang menggondol dua motor di Lingkungan Pasegan, Kelurahan Petungasri, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, terlihat cukup tenang ketika beraksi.

Tersisa Rehab 534 RTLH Belum Rampung di Kab Pasuruan

Sebanyak 2 ribu unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Pasuruan bakal dibedah tahun ini.