Pejabatnya Purna Tugas, Dua Pimpinan OPD di Pemkot Probolinggo Dijabat Plt

MAYANGAN – Dua pucuk pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kota Probolinggo saat ini kosong. Sebagai penggantinya, dua kursi pimpinan itu pun dijabat Plt.

“Sampai saat ini ada dua OPD yang pimpinannya pensiun. Yaitu, Sekwan DPRD dan inspektorat. Karena itu, pimpinan dua OPD itu saat ini dijabat oleh pelaksana tugas (Plt),” ujar Rachmadeta Antariksa, kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Probolinggo (6/5).

Posisi sekwan yang kosong sejak tahun 2018, dijabat Kabag Persidangan Warsito sebagai Plt. Sebelumnya, posisi Sekwan dijabat oleh Sunarni.

Sedangkan Plt kepala Inspektorat dijabat Tartib Goenawan yang saat ini juga menjadi kepala Dispendukcapil. Kepala inspektorat sebelumnya dijabat Sofwan Thohari.

“Pengisian jabatan kosong ini belum bisa dipastikan kapan akan dilakukan. Kami masih menunggu instruksi dari wali kota. Yang jelas posisi Plt akan dijabat sampai adanya pejabat definitif,” pungkasnya.

Proses pengisian jabatan kosong ini, harus melalui mekanisme seleksi jabatan tinggi. Proses seleksi jabatan tinggi ini hanya bisa diikuti oleh PNS pembina tingkat I (IV B) dan telah menduduki jabatan struktural eselon III A.

Terakhir, proses seleksi jabatan tinggi di Kota Probolinggo, dilakukan pada Mei 2018. Saat itu, seleksi dilakukan untuk mengisi jabatan kosong staf ahli bidang pembangunan, ekonomi dan keuangan; asisten pemerintahan; kepala dinas komunikasi dan informasi dan kepala dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu (DPMPTSP). (put/hn)