Seruni Point di Sukapura Layak Dijadikan Venue Cabor Paralayang

SUKAPURA, Radar Bromo – Seruni Point di Sukapura tak hanya menjual keindahan semata. Salah satu lokasi wisata ini juga layak untuk menjadi tempat untuk olahraga paralayang. Seiring dengan rencana Kabupaten Probolinggo menjadi tuan rumah Porprov Jatim VIII, Seruni Point disiapkan untuk menjadi venue cabang olahraga (cabor) paralayang.

Sekretaris KONI Kabupaten Probolinggo Chalid Abubakar mengatakan, seperti yang disampaikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Porprov Jatim yang awalnya digelar setiap 4 tahun sekali, kini diubah setiap 2 tahun sekali. Nah, untuk Porprov tahun 2021 mendatang ini akan digelar di Kabupaten Jember, Lumajang, Situbondo, dan Bondowoso.

”Sedangkan tahun 2023, Porprov Jatim akan digelar di Kota/Kabupaten Probolinggo dan Kota/ Kabupaten Pasuruan,” katanya pada Jawa Pos Radar Bromo, Selasa (7/1).

Chalid mengungkapkan, menjadi kebutuhan penting dan menjadi topik di kalangan Jatim adalah kebutuhan venue cabor paralayang. Oleh karena itu, Pengprov Jatim dan Pengkab Probolinggo telah melakukan survei bahwa wilayah di Puncak Seruni Point Sukapura, disebut layak dan mendapat apresiasi yang luar biasa.

“Puncak Seruni Point sebagai venue paralayang. Tim Pemprov bersama tim kabupaten sudah survei dan menyatakan layak,” katanya.

Sementara itu, Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko saat ditemui mengatakan, pihaknya sangat mendukung dengan Porprov diadakan di Kabupaten Probolinggo. Apalagi, hasil survei tim Pemprov, ada venue cabor yang dinyatakan layak untuk Porpov nantinya. ”Kami dukung Porprov untuk venue cabor paralayang di Seruni Point Sukapura. Itu bisa mengangkat destinasi wisata milik Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Wabup menambahkan, pihaknya sudah meminta pada OPD terkait untuk segera siapkan dan dukung kawasan Seruni Point menjadi venue cabor paralayang. Selain untuk siapkan kegiatan Porprov, bisa menjadi tambahan destinasi wisata baru di kawasan ini.

”Dengan pengembangan potensi wisata baru paralayang ini akan menggugah dan meningkatnya perekonomian masyarakat,” harapnya. (mas/fun)