alexametrics
25.5 C
Probolinggo
Saturday, 5 December 2020

Tahanan yang Kabur usai Sidang di PN Bangil Ternyata Baru Divonis Dua Tahun

BANGIL – Dua tahanan yang baru merampungkan sidang di Pengadilan Negeri (PN) Bangil, melompat dari jendela bus pembawa tahanan kejaksaan, Rabu (5/9) malam. Satu di antaranya berhasil ditangkap, sementara satu lainnya masih menjadi buronan polisi. Salah satu tahanan yang belum berhasil ditangkap, ternyata baru saja menerima vonis dua tahun penjara.

Insiden kaburnya tahanan Pengadilan Negeri (PN) Bangil tersebut, berlangsung seusai jalannya sidang digelar. Seusai sidang sekira pukul 18.45 itu, petugas kemudian menggiring semua tahanan menuju bus kejaksaan. Mereka akan dibawa ke Rutan Bangil.

Saat digiring ke bus itulah, dua tahanan membuat ulah. Hanya saja, cara tahanan ini kabur masih simpang siur. Informasi yang dihimpun media ini, dua tahanan itu kabur dengan menjebol jendela. Hingga tadi malam, belum ada pihak yang menjelaskan detail bagaimana dua tahanan itu bisa lolos, meski seorang di antaranya berhasil ditangkap.

Satu tahanan atas nama M. Rohim, warga Desa Puspan, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo, berhasil ditangkap. Pelaku pencurian ini ditangkap beberapa langkah saat berusaha melarikan diri. Sementara satu terdakwa lainnya, yakni Subur, 26, warga Desa Sapulante, Kecamatan Pasrepan, berhasil melarikan diri.

Humas PN Bangil Afif Januarsyah Saleh membenarkan adanya kejadian tersebut. Ia mengungkapkan, ada dua orang yang kabur saat digiring ke bus untuk dikembalikan ke Rutan Bangil. “Tapi, satu orang berhasil ditangkap. Sementara satunya, berhasil melarikan diri,” kata Afif –sapaannya-.

Kasi Pidum Kejari Kabupaten Pasuruan Normadi mengungkapkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan pengejaran. Ia menegaskan, kalau kejadian itu dipicu banyaknya tahanan yang harus disidang.

“Kalau prosedur, sejatinya kami sudah memenuhinya. Sekarang masih dalam pengejaran,” sambungnya. Empat petugas yang mengawal tahanan, dua dari kejaksaan dan dua lainnya dari kepolisian.

Sementara itu, Kasatreskrim Polres Pasuruan AKP Budi Santoso menuturkan, pihaknya sudah menerjunkan anggota untuk melakukan perburuan. Ia menjelaskan, Subur merupakan terdakwa kasus pencurian di wilayah Purwodadi. Aksi pencurian itu dilakukannya pada 9 Mei lalu.

Saat itu, pelaku bersama rekannya yang masih buron, menggondol motor milik Kholiq, 43, warga Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Saat hendak membawa motor korban, tersangka tepergok pemilik. Hingga akhirnya, korban meneriaki maling.

Saat itulah, warga melakukan penghadangan dan menghakiminya. “Hari itu (saat kabur, Red) sebenarnya ia sudah divonis. Putusannya dua tahun,” bebernya. (one/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Giliran Temukan Pintu Besi Bermotif Bunga di Goa Jepang

Temuan penting kembali didapati tim ekskavasi di Goa Jepang di Desa Watukosek, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan.

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

BERITA TERBARU

Dua Motor Tabrakan di Kedemungan Kejayan, Satu Tewas

Saat dua motor berpapasan itulah, posisi motor yang dikendarai Oki terlalu mengarah kekanan.

Masih Gagal Realisasikan Wisata Halal di Banyubiru  

Rencana Pemkab Pasuruan untuk mewujudkan konsep wisata halal di Pemandian Alam Banyubiru, Kecamatan Winongan gagal terealisasi.

Polisi Belum Tetapkan Tersangka di Pencemaran Sungai Kaliputih

Sudah sekitar empat bulan, penyidik belum memutuskan siapa yang patut dijadikan tersangka dalam kasus ini.

Capaian Retribusi Uji Kir Masih 80 Persen

Target retrebusi uji kir ini, sejatinya telah dikurangi. Sebelum pandemi Covid-19, target retrebusi ujikir tahun ini mencapai Rp 1,05 miliar

Laporan Dana Kampanye Tinggal Dua Hari, KPU: Paslon Segera Setor

Setiap pasangan calon harus menutup rekening dana kampanye di bank.