Pimpin Apel Pagi, Pj Bupati Pasuruan Tak Bilang Poin-poin Ini

PURWOREJO – Penjabat (Pj) Bupati Pasuruan Abdul Hamid, memastikan tak akan mengubah program yang telah ditetapkan Pemkab Pasuruan. Menurutnya, semua program yang telah disusun sudah bagus. Namun, ia mengaku akan memperbaiki pola komunikasi di lingkungan Pemkab.

Pernyataan itu disampaikan Abdul Hamid ketika memimpin apel perdana di halaman kantor Pemkab Pasuruan, Senin (6/8). Selain memberikan arahan, Asisten 3 Setda Pemprov Jatim, itu juga bersalaman dengan pegawai Pemkab sekaligus berkenalan dengan lurah, camat, dan kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang mengikuti apel.

Dalam sambutannya, Hamid mengatakan, pihaknya hanya aktif sekitar 45 hari sebelum bupati terpilih dilantik. Namun, menurut pasal 65 UU Nomor 23/2014 tentang Pemerintah Daerah, pemerintahan tidak boleh sampai kosong. “Sehingga, memenuhi amanat undang-undang, saya memenuhi amanat itu dan ditunjuk Gubernur sebagai Pj Bupati Pasuruan,” ujarnya.

Hamid juga menekankan profesionalisme aparatur sipil negara (ASN) dalam bertugas. Termasuk, untuk menuntut ketelitian dan kehati-hatian dalam melakukan kegiatan administrasi di anggaran pemerintahan. Ia mengaku, tidak akan mengubah program apapun selama menjabat.

“Ini, lantaran program di Kabupaten Pasuruan sudah bagus. Yang saya bangun adalah komunikasi supaya tidak ada gap atau batas dalam komunikasi penting agar pemerintahan dari bawah ke atas bisa menumbuhkan empati dan simpati,” ujarnya.

Selain itu, ia mengaku juga akan memprioritaskan mengurangi besaran sisa lebih penggunakan anggaran (silpa) agar tidak sebesar tahun 2017. Caranya, agar persiapan lebih dimatangkan di awal. “Misalnya patokan termin pertama di awal 2019, jadi di Bulan November-Desember sudah dipersiapkan, sehingga awal tahun sudah bisa diproses,” ujarnya.

Usai apel, Hamid langsung memimpin rapat koordinasi di Gedung Serbaguna Pemkab Pasuruan. Ia diperkirakan menjadi Pj Bupati Pasuruan sampai 20 September, tanggal yang dijadwalkan untuk melantik Bupati Pasuruan terpilih. (eka/rud/fun)