alexametrics
25C
Probolinggo
Monday, 18 January 2021

Musim Angin, Tiga Hutan di BKPH Condong Ini Rawan Terbakar

KRAKSAAN – Kebakaran hutan masih mengancam wilayah Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Condong, Kabupaten Probolinggo. Ada 3 titik yang berpotensi terjadi kebakaran.

Di antaranya, Gunung Lemongan, Kecamatan Tiris; Gunung Argopuro, Kecamatan Krucil; di RPH Sentul, Desa Batur, Kecamatan Gading.

Dari tiga titik itu, ada ribuan hektare yang perlu diantisipasi agar tidak terjadi kebakaran. Rinciannya, seribu hektare hutan dan lahan di Gunung Lemongan; enam ribu hektare di Gunung Argopuro; serta 202 hektare lahan di RPH Sentul, Desa Batur, Kecamatan Gading.

Karena itu, Kepala Resor Polisi Hutan (KRPH) diminta membentuk regu pemadam kebakaran bekerja sama dengan tokoh masyarakat setempat. Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) juga diminta untuk dimaksimalkan. Terutama di Pesanggrahan, Desa Bremi, Kecamatan Krucil.

“Karena lebih bisa melihat hamparan,” terang Asper Asisten BKPH Condong Slamet. Hanya saja, alat yang disiapkan untuk pemadaman sangat sederhana. Di antaranya gepyok dan garpu. Alat ini untuk membuat ilaran atau sekatan agar api tidak merembet ke lahan lainnya.

Terlebih, di Gunung Lemongan dan RPH Sentul banyak ilalang, semak belukar, selasih, tumbuhan bunga paku yang kering dan mudah terbakar.

Pihaknya juga akan sosialisasi untuk penyuluhan ke desa-desa. Supaya warga setempat tidak membuang puntung rokok sembarangan. Karena warga setempat saat merumput terkadang tidak peduli dan membuang sembarangan. (hil/rf)

MOST READ

BERITA TERBARU