alexametrics
31.5 C
Probolinggo
Friday, 30 October 2020

Jalur Pendakian Welirang-Arjuno Kembali Dibuka, UPT Tahura Sebut Sudah Kondusif

PRIGEN, Radar Bromo– Jalur pendakian Gunung Welirang dan Arjuno wilayah Tahura R. Soerdjo yang sempat ditutup sementara, kembali dibuka. Terhitung mulai pagi Kamis (5/9), jalur dibuka lagi untuk umum setelah Tahura R Soerjo menyatakan situasi di hutan sudah kondusif.

Jalur pendakian Welirang-Arjuno hampir sepekan terakhir ditutup sementara. Penutupan dilakukan terhitung sejak Kamis (29/8), usai terjadinya insiden kebakaran hutan di lereng Gunung Welirang, Kelurahan / Kecamatan Pandaan. Terakhir, membakar ratusan hektare lahan.

Hanya saja Tahura memastikan, hutan kini telah kondusif. Ini ditegaskan langsung Agung Budi Utomo, Kepala Resort 3 Tahura R. Soerdjo di Pasuruan, saat dihubungi Jawa Pos Radar Bromo pagi kemarin.

“Saat ini di puncak gunung dan lerengnya sudah kondusif dari kebakaran hutan. Sehingga jalur pendakiannya diputuskan kembali beroperasi atau dibuka untuk umum,” tuturnya via telepon.

Jalur pendakian dibuka lagi, berlaku di semua pos izin pendakian wilayah Tahura R. Soerdjo. Mulai dari di Tretes, Prigen dan Tambaksari, Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Selain itu, juga di Lawang, Kabupaten Malang dan Sumber Brantas, Kota Batu.

“Di hari pertama buka atau beroperasi lagi, pos izin pendakiannya masih sepi pengunjung atau pendaki berdatangan. Banyak yang belum tahu, karena sudah sepekan lho ditutup sementara selama ini,” bebernya.

Jika ada pendaki yang datang, petugas dari UPT Tahura R. Soerdjo selaku instansi yang berwenang sekaligus pengelola dilapangan, tetap memantau. Petugas pos izin pendakian akan mengimbau para pendaki lebih berhati-hati. Karena kasus kebakaran hutan dirasa rawan, menginggat saat ini masih musim kemarau.

“Setiap saat rentan terjadinya kebakaran,” ujarnya. (zal/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Waspada Banjir di Kab Probolinggo, Dinas PUPR Pantau Pintu Air Ini

Mengingat hujan mulai turun, pemantauan pintu air lebih diintensifkan.

Sampah Sering Berserakan, Rencanakan TPS di Dekat Jembatan Krejengan

Keresahan warga Desa/Kecamatan Krejengan dan para pengendara yang melintasi jembatan di sana akan berakhir.

Long Weekend, Ketua PHRI: Okupansi Hotel di Pasuruan Naik 80 Persen

Okupansi hotel-hotel di Kabupaten Pasuruan naik hingga 80 persen, bahkan, diprediksi naik sampai hari Minggu nanti.

Polisi: Pelaku Curanmor di Petungasri Komplotan Spesialis

Para pelaku yang menggondol dua motor di Lingkungan Pasegan, Kelurahan Petungasri, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, terlihat cukup tenang ketika beraksi.

Tersisa Rehab 534 RTLH Belum Rampung di Kab Pasuruan

Sebanyak 2 ribu unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Pasuruan bakal dibedah tahun ini.