alexametrics
25.7 C
Probolinggo
Friday, 27 November 2020

Hasil Perkebunan Kerek Ekonomi Masyarakat Desa Pohgedang di Pasrepan

Tak hanya mengandalkan hasil pertanian, seperti padi dan jagung. Warga Desa Pohgedang, Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan, juga banyak membudidayakan buah-buahan. Panen buah bahkan bisa membantu mengangkat ekonomi warga setempat.

————–

Lokasi Desa Pohgedang, Kecamatan Pasrepan, Kabupaten Pasuruan, mudah dijangkat Tak jauh dari Pasar Pasrepan dan Pasar Buah Pasrepan.

Terletak di dataran tinggi, Desa Pohgedang memiliki hasil alam yang melimpah. Baik di sektor pertanian, juga perkebunan. Tak heran, hamparan lahan pertanian membentang di Desa Pohgedang.

Tak hanya itu. di Pohgedang juga banyak hasil perkebunan buah-buahan. Ada mangga dan pisang yang banyak dimiliki warga setempat.

Misroji, Kepala Desa Pohgedang mengatakan, desanya memang memiliki hasil perkebunan yang melimpah. Yang paling banyak dihasilkan adalah mangga dan pisang. Dua jenis buah ini rutin dikirim ke Pasar Buah Pasrepan yang lokasinya tak jauh dari desa.

Potensi buah inipun, mampu memberikan pendapatan rutin bagi warga setempat. “Saat ini kurang lebih 30 KK yang memiliki kebun buah. Mereka kebanyakan punya kebun mangga dan pohon pisang,” jelasnya.

Untuk buah mangga, jenisnya beragam. Mulai mangga Gadung, Manalagi sampai Golek. Mangga biasanya panen pada akhir tahun. Diperkirakan Oktober ini sudah mulai panen dan mencapai puncak di Desember.

Untuk mangga, hasil panen banyak yang dikirim ke Pasar Buah Pasrepan. Namun, ada juga yang dikirim ke luar kota. Seperti, Bandung.

Harga jual mangga ini bervariasi, tergantung jenisnya. Mangga Gadung harganya Rp 7-8 ribu per kilogram. Sedangkan mangga Golek lebih murah, yaitu Rp 5-6 ribu per kilogram.

Tak hanya mangga, panen pisang pun cukup tinggi. Jenisnya juga beragam. Ada pisang Ambon, Gajih, Raja dan sebagainya. “Untuk pisang paling banyak saat bulan Oktober dan Maret. Biasanya, hasil panen rutin dikirim ke Pasar Buah Pasrepan juga,” jelasnya.

Pasokan ke Pasar Buah Pasrepan menurut Misroji, memang rutin dilakukan. Sebab, pasar ini cukup ramai. Pembelinya datang dari beragam kalangan.

Seperti wisatawan Bromo. Namun paling banyak yang membeli warga Pasrepan sendiri. Juga warga daerah sekitar, seperti Gondangwetan, Puspo sampai Kota Pasuruan.

Ke depan menurut Misroji, pemerintah desa ingin potensi buah ini diolah jadi produk lain. Seperti, keripik atau minuman. Harapannya bisa lebih meningkatkan ekonomi warga desa setempat. (eka/hn/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Jon Junaedi Wakil Ketua DPRD Mangkir Lagi di Sidang Ijazah Palsu

Jaksa menyebutkan, Kalau 3 kali dipanggil tidak dating, ketentuannya nanti dapat dilakukan penjemputan paksa dengan adanya penetapan hakim untuk jemput paksa

Usai Dilantik, Ribuan KPPS yang Bertugas di Pilwali Dirapid Test

Ini salah satu upaya KPU dalam memastikan seluruh putugas penyelanggara, seperti KPPS hingga linmas benar-benar sehat dan tidak terjangkit Covid-19

Petugas KPPS Harus Jaga Integritas selama Pilwali

Selanjutnya, KPU akan memberikan pembekalan bagi KPPS sebelum bertugas.

Pembobol Alfamart Suwayuwo Dibekuk, Pelaku Residivis, Ini Tampangya

Pelaku pembobolan toko modern yang berada di sebelah timur jalan nasional ini ada tiga orang.