Kapolres Probolinggo Minta Kades-OPD Jangan Takut Melapor Bila Ada Oknum LSM Memeras

BERI IMBAUAN: Kapolres Probolingo AKBP Ferdy Irawan saat meladeni awak media di Polres Probolinggo. Dia berpesan agar kades dan OPD di Pemkab Probolinggo, tak segan melapor bila diperas oknum tak bertanggung jawab. Inset: Wahid, Ketua LSM yang dibekuk polisi lantaran memeras kades. (Foto Mukhamad Rosyidi/Jawa Pos Radar Bromo)

Related Post

PAJARAKAN, Radar Bromo – Kapolres Probolinggo mengimbau kepada seluruh Kepala Desa dan Organisasi Perangat Daerah (OPD) di Kabupaten Probolinggo, agar tidak takut LSM. Ia juga meminta tak segan melapor jika diperas oknum LSM tersebut.

“Kami imbau kepala desa dan OPD kalau tidak salah jangan takut kepada oknum-oknum yang memeras, menakut-nakuti. Kalau perlu laporkan saja,” kata Kapolres AKBP Ferdy Irawan.

Kapolres menjelaskan, untuk kasus yang menjerat ketua LSM Reformasi, pihaknya masih melakukan pendalaman. Itu ditujukan untuk mengetahui apakah yang bersangkutan melakukan sendiri, atau ada orang lain. Termasuk apakah ada kepala desa lain yang menjadi korban pemerasan tersangka.

“Berdasarkan OTT dia (tersangka, Red) sendirian. Tetapi, ini masih akan kami dalami. Dan juga apakah ada kepala desa lain yang menjadi korban,” tuturnya.

Ia juga menjelaskan, kejadian itu hanya ulah oknum. Menurutnya, tidak semua LSM melakukan hal demikian.

“Saya tidak menyatakan bahwa semua LSM ini bertindak yang sama. Banyak juga LSM yang kritis. Ini yang saya sampaikan adalah oknum LSM yang bergerak di antikorupsi. Artinya ini tidak menggambarkan keseluruhan LSM, tapi oknum,” terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ketua LSM Reformasi Abdul Wahid diamankan oleh Tim Saber Pungli Polres Probolinggo. Ia diamanoan lantaran kedapatan memeras Kades Karanggeger, Kecamatan Pajarakan, Bawon Santoso. Ia diamankan sekitar pukul 13.00 WIB. (sid/fun)