Temukan Batu Kepala Kala-Tiga Candi Prawira di Kompleks Candi Keboireng Desa Ngerong

GEMPOL, Radar Bromo– Penemuan benda diduga cagar budaya kembali ditemukan di Kabupaten Pasuruan. Kali ini benda purbakala berupa batu kepala kala dan juga tiga candi prawira. Lokasinya berada di kompleks Candi Keboireng. Berlokasi di Dusun Keboireng, Desa Ngerong, Kecamatan Gempol.            Temuan tersebut masih dalam proses ekskavasi awal.

“Pertama kali ditemukannya lebih dulu batu kepala kalanya. Kemudian menyusul tiga buah candi prawira yang berada di satu kompleks Candi Keboireng. Tepatnya di sisi sebelah barat candi induk,” jelas Pawiji, juru pelihara Candi Keboireng.

Pria yang juga sekaligus ketua RT ini menuturkan, untuk temuan batu kepala kala, sejatinya sudah diketahui sejak lama. Namun dilapangan belum di eskavasi atau sebagian besar tertutup tanah. Terlihat jelas bentuknya ketika proses eskavasi ditempuh oleh tim dari Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jatim.

Adapun proses eskavasinya melibatkan sejumlah arkeolog. Ditempuh mulai Selasa (2/3) lalu. Kini masih berlanjut atau berjalan.

“Penggalian dilakukan setelah batu kepala kalanya tampak. Baru berikutnya tiga buah candi prawiranya terlihat atau tampak. Namun bentuknya tidak 100 persen utuh,” bebernya.

Terpisah, arkeolog sekaligus tim eskavasi dari BPCB Jatim Wicaksono Dwi Nugroho menuturkan, batu kepala kala tersebut merupakan bagain utama candi induk, yang berada di atas pintu candi. Batu kepala kala ini memiliki filosofi atau perlambang untuk mengusir roh jahat. “Selain itu juga mengusir dari adanya bala,” beber Pawiji saat ditemui koran ini di lokasi.

GALI: Proses ekskavasi yang dilakukan BPCB Jatim di komlpeks Candi Keboireng di Ngerong, Gempol. GALI: (Foto: Rizal F Syatori/Jawa Pos Radar Bromo)

Sedangkan untuk Candi Prawira, lanjut Pawiji, diperkirakan candi tersendiri pendukung candi induk atau utama. Berada di depan semacam sebuah gerbang.

“Jatuhnya batu kepala kalanya kedepan, dan saat ditemukan posisinya tepat di belakang candi prawira di sebelah barat deret paling timur,” ujarnya.

Untuk benda purbakala yang ditemukan ini, baik Candi Keboireng, diperkirakan merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit. “Candi ini merupakan peninggalan kerajaan hindu Majapahit, digunakan sebagai tempat pemujaan. Terbuat dari material batu andesit, kombinasi dengan batu bata merah berukuran besar,” tukasnya. (zal/fun)