alexametrics
31.5 C
Probolinggo
Friday, 30 October 2020

Konsinyasi Tol Paspro Jalan Terus Walau Ada Protes Warga

BANYUANYAR, Radar Bromo– Ganti untung untuk proses pembebasan lahan untuk pembangunan Tol Pasuruan-Probolinggo Sesi IV (sebelumnya tertulis Probolinggo-Banyuwangi) memang menuai protes dari warga Banyuanyar Tengah, Kecamatan Banyuanyar, Kabupaten Probolinggo. Walau begitu, Kementerian PUPR bersikukuh, proses ganti untung tetap jalan terus.

Jika memang masih ada penolakan, upaya konsinyasi akan ditempuh. Kementerian PUPR tidak bisa menunggu lama karena proyek harus segera dikerjakan. Apalagi jalan tol adalah untuk kepentingan umum.

Menurut Pejabat Pembuat Keputusan (PPK) Kementerian PUPR Priyadi, proses pembebasan lahan yang dilakukan pihaknya terus dilakukan. Musyawarah dalam prosespun telah dikukan. Mengingat proyek jalan tol ini ditargetkan tahun 2022 harus harus sudah sampai pada Paiton.

“Jadi yang tidak setuju kami akan tinggal. Sehingga harus menunggu 14 hari, proses dititipkan ke Pengadialan Negeri (PN),” ujarnya saat ditemui Rabu (4/3).

Selain itu, mengingat pengerjaan yang masih jauh dan akan membutuhkan waktu yang lama. Pihaknya harus bergerak cepat, sehingga dalam sepekan ini akan segera memproses pencairan bagi warga yang setuju.

“Pekan depan yang setuju akan langsung di proses pembayaran UGK-nya (Uang Ganti Kerugian, Red). Nanti akan ada undangan dari BPN beserta bank yang sudah bawa buku tabungan berisi UGK. Sedangkan pemilik tanah bawa dokumen sertifikat asli yg sudah bersertifikat. Selanjutnya akan diadakan splitzing atau pemotongan sertifikat dengan biaya gratis, dimana harga sesuai dengan hasil nilai appraisal,” ujarnya.

Disisi lain, Abdullah Amimuddin, 52, warga Dusun Pandi Satu, Desa Banyuanyar yang rumah dan tempat usaha mebelnya terkena imbas mengatakan, dia tetap menolak. Selain dirinya, hingga saat ini masih ada warga yang belum menandatangani surat persetujuan harga yang di berikan oleh pihak tol.

“Masih banyak yang belum tanda tangan perihal harga itu. Sebab, ketika dihitung memang jauh dari harapan,” ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, proyek  sesi IV jalan tol Pasuruan-Probolinggo (Paspro) memasuki tahap pembebasan lahan. Pembebasan akan dilakukan dimulai dari Desa Clarak, Kecamatan Leces sampai Desa Suko, Kecamatan Maron, Kabupaten Probolinggo.

Di tengah proses pembebasan lahan tersebut, ada protes dari warga. Sebabnya, ganti untung yang diberikan pada lahan terdampak, dinilai terlalu murah. Harga ganti untung diberikan berdasarkan empat poin. Yaitu, ganti bangunan, ganti tanaman, ganti tanah, dan ganti nonfisik. (mg1/fun)

- Advertisement -
- Advertisement -

MOST READ

Siswi SDN di Kraksaan Lolos dari Penculikan, Ini Ciri-Ciri Pelaku

KRAKSAAN, Radar Bromo - Niat Cld, 13, berangkat sekolah, Rabu (12/2) pagi berubah menjadi kisah menegangkan. Siswi SDN Kandangjati Kulon 1, Kraksaan, Kabupaten Probolinggo,...

Mau Ke Tretes, Muda-mudi Asal Gempol Tertabrak Truk Tangki di Candiwates, Penumpangnya Tewas

PRIGEN – Nasib sial dialami pasangan muda-mudi ini. Minggu siang (20/1) keduanya terlibat kecelakaan saat hendak menuju Tretes, Akibatnya, satu orang tewas dan satu...

Siswa MI di Pandaan Tewas Gantung Diri, Diduga usai Smartphonenya Disembunyikan Orang Tua

PANDAAN, Radar Bromo – Tragis nian cara AA, 11, mengakhiri hidupnya. Pelajar di Desa Banjarkejen, Kecamatan Pandaan ini, ditemukan tewas, Minggu (17/11) pagi. Dia...

Geger Mayat Wanita di Pantai Pasir Panjang-Lekok, Kondisinya Terikat Tali dan Dikaitkan Batu

LEKOK, Radar Bromo - Temuan mayat dengan kondisi terikat, kembali menggegerkan warga. Rabu (18/9) pagi, mayat perempuan tanpa identitas ditemukan mengapung di Pantai Pasir...

BERITA TERBARU

Waspada Banjir di Kab Probolinggo, Dinas PUPR Pantau Pintu Air Ini

Mengingat hujan mulai turun, pemantauan pintu air lebih diintensifkan.

Sampah Sering Berserakan, Rencanakan TPS di Dekat Jembatan Krejengan

Keresahan warga Desa/Kecamatan Krejengan dan para pengendara yang melintasi jembatan di sana akan berakhir.

Long Weekend, Ketua PHRI: Okupansi Hotel di Pasuruan Naik 80 Persen

Okupansi hotel-hotel di Kabupaten Pasuruan naik hingga 80 persen, bahkan, diprediksi naik sampai hari Minggu nanti.

Polisi: Pelaku Curanmor di Petungasri Komplotan Spesialis

Para pelaku yang menggondol dua motor di Lingkungan Pasegan, Kelurahan Petungasri, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, terlihat cukup tenang ketika beraksi.

Tersisa Rehab 534 RTLH Belum Rampung di Kab Pasuruan

Sebanyak 2 ribu unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Kabupaten Pasuruan bakal dibedah tahun ini.