Verifikasi Penggantian Water Meter Milik Ribuan Pelanggan PDAM di Kab Probolinggo

DRINGU, Radar Bromo – Penggantian sekitar 3.115 water meter (WM) Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) diverifikasi pemasangannya oleh Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Pertanahan (Perkim) Kabupaten Probolinggo, Rabu (4/12). Penggantian WM ini merupakan Proyek Pemkab Probolinggo.

Kepala Dinas Perkim Prijono mengatakan, verifikasi yang dilakukan ini untuk mengetahuai apakah pemasangan tersebut telah sesuai dengan standar dan pemasangan sudah tepat sasaran.   Pengecekan ini dilakukan dengan menurunkan petugas ke unit-unit PDAM yang telah dilakukan penggantian WM. Selain mengecek, petugas juga melakukan registrasi terhadap WM yang telah terpasang.

“Tak hanya melihat langsung pemasangan yang telah dilakukan, petugas juga melakukan register terhadap WM tersebut. Agar tidak terjadi duplikasi dan jumlah yang ada di lapangan sesuai dengan laporan yang telah dibuat,” tuturnya.

Sementara itu, Kabag Hubungan Langganan PDAM Hari Supriyanto mengatakan, pemasangan WM ini dilakukan lantaran usianya yang sudah cukup lama. “Pergantian memang perlu dilakukan karena WM yang saat ini ada sebagian besar penggunaan yang ada di lapangan dengan perekaman catatan pemakaian air yang digunakan, tidak cocok,” ujarnya.

Menurutnya, ketidakcocokan ini berdampak pada berkurangnya retribusi jasa penggunaan air dari PDAM. Hal ini perlu dilakukan pergantian agar tidak menimbulkan kerugian. Setidaknya, ada sekitar 998 unit WM yang telah terpasang di wilayah barat yakni meliputi Unit Patalan, Bantaran, Leces, dan Dringu. Dan, sekitar 2.117 unit WM tepasang di Wilayah Timur meliputi Unit Kraksaan, Maron, Besuk, Condong, Tiris, Pedagangan, dan Banyuanyar. (ar/fun)